Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, News Dipecat Sepihak, Wartawan Bernas Sambangi Makam Udin

Dipecat Sepihak, Wartawan Bernas Sambangi Makam Udin

Wartawan Bernas Kunjungi Makam Udin(Dok.GATRAnews/re1)

Sketsanews.com, Yogyakarta – Mendapatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak, 10 wartawan Bernas, koran lokal DI Yogyakarta, mendatangi makam ikon koran tersebut, Fuad Muhammad Syafruddin atau Udin, di Bantul, Senin (17/7).

Perwakilan mantan wartawan Bernas, Putut Wiryawan, menyatakan PHK sepihak ini dilakukan manajemen sejak awal Juli lalu.

“Tanpa melalui pemberitahuan, tiba-tiba nama kami sudah tidak tercantum sebagai wartawan di kolom redaksi. Bahkan Bernas tidak memberikan hak yang seharusnya kami terima di Juni kemarin,” jelas Putut yang sebelumnya menjabat pemimpin redaksi di Bernas, seperti dikutip dari GATRAnews.

Selain mengadukan tindakan manajemen yang tidak adil, Putut menjelaskan hilangnya spirit jurnalistik Bernas yang selama ini menjadi nyawa surat kabar. Untuk itu, sebagai simbol, mereka menyambangi makam Udin yang tewas karena meliput kasus korupsi pada 1996.

Terlebih sejak diambil alih oleh Hebat Group sejak 2015 lalu, Bernas dianggap Putut tidak lagi menyuarakan kebenaran dan fakta peristiwa kepada masyarakat. Namun berubah menjadi media dengan pemberitaan yang berorientasi pada bisnis semata.

“Khususnya sejak 2017 kemarin. Tampilan pemberitaan hanya berkutat pada promosi produk-produk manajemen semisal properti,” pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Dwi Suyono yang sudah 10 tahun bekerja di Bernas. “Yang sekarang kami butuhkan adalah SK pemberhentian dari manajemen Bernas,” katanya.

Dengan SK, jurnalis Bernas yang di-PHK sepihak dapat menuntut hak-hak yang belum diberikan perusahaan. Dwi juga mengatakan kasus ini sudah dilaporkan ke Dewan Pers, Ombudsman, dan Dinas Ketenagakerjaan DI Yogyakarta.

(Wis)