Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News Tarif Dasar PDAM Naik, Direktur Utama Lawu Tirta Magetan: Usulan 1.300 per Meter Kubik

Tarif Dasar PDAM Naik, Direktur Utama Lawu Tirta Magetan: Usulan 1.300 per Meter Kubik

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lawu Tirta Magetan, Welly Kristanto (pojokpitu.com)

Sketsanews.com, Magetan – Usulan kenaikan tarif dasar air bersih berdasar pada Permendagri nomer 71 tahun 2016, tentang Tarif PDAM oleh PDAM Lawu Tirta Magetan, sudah dalam proses. Pihak PDAM juga sudah melakukan kajian tarif bekerja sama dengan tim ahli dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Direktur Utama PDAM Magetan, Welly Kristanto, mengatakan, draft usulan kenaikan tarif sudah diserahkan oleh PDAM ke Dewan Pengawas PDAM. Besaran usulan tarif dasar PDAM adalah 1.300 per meter kubik.

Mengutip dari Pojokpitu, angka ini naik Rp 300 dibanding tarif yang berlaku saat ini, yaitu Rp 1.000. Namun Welly tidak berkomentar banyak, karena pasca diserahkan ke dewan pengawas, sudah menjadi wewenang dewan pengawas dan Bupati Magetan, Sumantri untuk menyetujui atau tidak.

Diketahui, tarif air minum yang diterapkan saat ini adalah Rp 1000 per meter kubik, untuk kalangan rumah tangga. Tarif ini dianggap rendah. Karena hasil audit pada tahun 2009, standart tarif yang semestinya diterapkan adalah Rp 1.700 per meter kubik.

Sebenarnya, pada tahun 2010, tarif sudah dinaikkan ke angka Rp 1.300. Namun pada tahun 2013, tarif itu kembali diturunkan menjadi Rp 1.000 per meter kubik. Itu sesuai janji Sumantri saat kampanye Pilkada tahun 2013 untuk menurunkan tarif dasar PDAM.

(Wis)