Sketsa News
Home Berita Terkini, Citizen-Jurnalism Mendadak Abdus Shomad

Mendadak Abdus Shomad

Sketsanews.com – Orangnya kerempeng, tampilan sederhana, tapi suaranya, masya Allah, menggelegar. Namun yang membuat beliau kini menjadi tiba-tiba meroket adalah ceramahnya yang bernas: retorika tajam, diksi gamblang, detail dan argumentatif, tegas, toleran dalam fiqih, tapi spirit dakwahnya menyala-nyala dalam balutan dialek Medan yang khas.

Ustadz kelahiran Medan 1977 ini berpndidikan S1 Al-Azhar Mesir dan S2 Maroko. Pengurus NU di kotanya, kini adalah seorang dosen Bahasa Arab dan Tafsir. Nama lengkapnya: KH. Abdus Shomad, Lc, MA.

Umat sungguh-sungguh butuh dai macam ini. Beliau menjelaskan Islam, memahamkan, memberi pelajaran, menerangkan dari yang remeh-remeh, semisal soal telunjuk jari dalam duduk tahiyyat, hingga yang berat semisal gerakan Islam, denga argumentasi dan pemahaan yang lurus.

Makna “lurus” dalam konteks ini adalah, menempatkan komitmen keislaman dan spirit perjuangan, di atas segalanya. Beliau tokoh NU namun tak pernah sekalipun memberi kesan mengunggulkannya di atas yang lain. Bahkan ketika ditanya tentang khilafah, beliau jelas memberi dukungan perjuangannya, semata karena hadits Nabi menyinggungnya, meski beliau bukan tokoh HTI.

Umat kini membutuhkan ulama atau kiyai macam dia tuh. Bukan macam beberapa tokoh yang terseret fanatisme golongan, hingga ikut-ikutan bersama pihak luar menyudutkan sesama muslim hanya karena tak sepaham.

Beliau tanpa tedeng aling-aling mengaku penganut madzhab Syafi’i dalam fiqih, membela tradisi amalan tahlil dan yasinan dengan argumen syar’iy dan tarbawiy kuat, tapi jika bicara perjuangan, baginya Islam hanya satu. Semua gerakan dakwah Islam, dalam koridor Aswaja, dibelanya.

Mengapa beliau beda, karena dua hal: mutsaqqaful fikri dan zakiyyun nafsi, pinter otaknya dan bersih hatinya sekaligus. Pinter tapi kotor hanya menciptakan sampah pemikiran; bersih tapi bodoh tak pernah memberi cahaya kepahaman.

Marhaban ya Ustadz Abdus Somad.

by : Wahid Ahmadi

 

(in)

%d blogger menyukai ini: