Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Menhan AS Ingatkan Perang dengan Korut Akan Jadi Bencana Besar

Menhan AS Ingatkan Perang dengan Korut Akan Jadi Bencana Besar

salah satu rudal Korut (Foto: AFP PHOTO/Ed JONES)

Sketsanews.com, California – Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat Jim Mattis mengingatkan bahwa perang dengan Korea Utara (Korut) akan menjadi bencana besar. Menurutnya, upaya-upaya diplomatik mulai membuahkan hasil.

Dikatakan Mattis, misi dan tanggung jawabnya adalah menyiapkan opsi-opsi militer jika seandainya dibutuhkan. Namun ditekankannya, upaya-upaya AS saat ini fokus ke diplomasi.

“Upaya Amerika Serikat memimpin secara diplomatik, memiliki daya tarik diplomatik, itu mulai mendapatkan hasil-hasil diplomatik dan saya ingin tetap seperti itu saat ini,” kata Mattis dalam sebuah acara di California.

“Tragedi perang sudah cukup diketahui, sehingga tak perlu penjelasan lain selain fakta bahwa itu (perang) akan menjadi bencana besar,” imbuhnya seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (11/8/2017).

Mattis tidak menjelaskan mengenai hasil-hasil diplomatik yang dimaksudnya, namun akhir pekan lalu Dewan Keamanan PBB menjatuhkan serangkaian sanksi-sanksi baru terhadap Pyongyang terkait program rudal dan nuklirnya. Sanksi-sanksi tersebut termasuk larangan ekspor batubara, besi dan bijij besi, timbal dan bijih timbal serta ikan dan makanan hasil laut atau seafood.

Komentar Mattis ini disampaikan tak lama setelah Presiden AS Donald Trump mengingatkan bahwa Korut akan “sangat, sangat cemas” jika benar-benar berniat menyerang AS.

“Saya akan memberi tahu Anda ini, jika Korea Utara melakukan apa pun, bahkan berpikir untuk menyerang siapa saja, yang kita cintai atau kita wakili atau sekutu kita atau kita sendiri, mereka seharusnya sangat, sangat cemas,” cetus Trump.

“Saya akan memberitahu Anda kenapa… karena akan terjadi kepada mereka hal-hal yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya,” imbuhnya.

[As]
%d blogger menyukai ini: