Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Peristiwa Tangisan Bayi Mengejutkan Warga Ambawang, Diduga Sengaja Dibuang

Tangisan Bayi Mengejutkan Warga Ambawang, Diduga Sengaja Dibuang

Bayi laki-laki yang dibuang orang tuanya ketika dirawat di Puskesmas Lingga Sungai Ambawang, Jumat (11/8). (Syamsul Arifin/Rakyat Kalbar/JawaPos.com)

Sketsanews.com, Sungai Ambawang – Urbanus Udut tiba-tiba terkejut ketika mendengar tangisan bayi, Jumat (11/8) pukul 06.00. Benar saja, warga Dusun Jaya Praya, Desa Korek, Sungai Ambawang, Kubu Raya, itu menemukan bayi di depan warungnya. Bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki. Diduga sengaja dibuang orang tuanya.

Udut memanggil warga lainnya serta menyampaikan kepada ketua RT setempat. Warga pun melaporkan penemuan bayi itu ke Mapolsek Sungai Ambawang.

Saat ditemukan, ari-arinya masih menempel di pusar bayi laki-laki tersebut dan dibalut dengan kain. Bersama polisi warga membawa bayi itu Puskesmas Lingga, Sungai Ambawang untuk mendapatkan pertolongan medis karena kondisinya mulai lemah.

“Bayi ini tampaknya baru saja dilahirkan ibunya, sebab semuanya masih lengkap, plasentanya belum dipotong. Warga langsung membawa ke Puskesmas dan dirujuk ke RSUD dr Soedarso Pontianak,” kata warga Sungai Ambawang, Sandra Herdianto, sebagaimana dikutip dari Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group).

Petugas Dinas Sosial dan polisi langsung menindaklanjuti dengan mendata. Hingga saat ini belum diketahui siapa orang tua dari bayi malang ini. “Sepertinya bayi ini sengaja dibuang orang tuanya,” kata Sandra.

Kepala Puskesmas Lingga Sungai Ambawang, William Daniel Napitupulu membenarkan penemuan bayi tersebut. Petugas Puskesmas hanya memberikan pertolongan pertama. “Kondisi bayi laki-laki itu masih hidup. Tapi kami harus merujuk ke rumah sakit RSUD dr. Soedarso agar diberi pertolongan selanjutnya,” ungkap William.

Bayi tersebut diantar warga ke Puskesmas Lingga dengan kondisi masih ada ari-arinya dan sangat memprihatinkan. “Penanganan pertama menjaga suhu bayi tetap hangat, dengan diberi bantuan pernapasan berupa oksigen. Dan baru dirujuk untuk mendapat penanganan lebih lanjut di RSUD dr. Soedarso,” ucapnya.

Jajaran Polsek Sungai Ambawang menindaklanjuti laporan penemuan bayi itu dengan cepat. “Saat ini bayi sudah di RSUD dr. Soedarso untuk penanganan lebih lanjut,” kata Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol Muhammad Husni Ramli, kemarin

Dikatakan Kompol Husni, jajarannya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Pontianak untuk menampung dan membiayai perawatan bayi tersebut. Jajarannya juga melakukan penyelidikan, mengejar orang tua yang membuang bayinya itu.

“Diduga kuat bayi ini dibuang orang tuanya. Kita saat ini sedang menyelidiki lebih lanjut siapa yang tega membuang bayi tersebut,” tegas Kompol Husni.

(Ro)

%d blogger menyukai ini: