Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat Akibat Kelebihan Vitamin B Terhadap Kesehatan Tubuh

Akibat Kelebihan Vitamin B Terhadap Kesehatan Tubuh

Istimewa

Sketsanews.com, Jakarta — Apabila tubuh mengalami kelebihan vitamin B akan berdampak buruk terhadap kesehatan, hal ini sama halnya tubuh kekurangan vitamin B. Oleh sebab itu kita harus memperhatikan kebutuhan tubuh akan vitamin supaya kesehatan tetap terjaga.

Jika sebelumnya kami pernah mengulas tentang penyakit akibat kekurangan vitamin B. Untuk kali ini kami akan mengulas akibat kelebihan vitamin B terhadap kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan kami berikut ini.

Vitamin B ini sangatlah berbeda dengan vitamin yang lain seperti vitamin A, C, D, E, dan K. Karena vitamin ini mempunyai beberapa jenis yang mana semuanya mempunyai manfaat yang berbeda bagi tubuh.

Vitamin B komplek itu terdiri dari vitamin B1 (thiamin), B2(riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (pyridoxamine), B7 (biotin). Vitamin B9 (asam folat) dan juga vitamin B12 (cyanocobalamin). Jenis vitamin B yang satu dengan yang lainnya itu akan bekerja bersama dalam satu proses.

Sehingga kalau tubuh kekurangan atau kelebihan vitamin B komplek bisa menyebabkan ketidak seimbangan. Hampir semua vitamin B itu mempunyai sifat larut dalam air dan jika konsumsi vitamin B berlebih akan dikeluarkan bersamaan dengan urine.

Karena tubuh kita tidak mampu memproduksi vitamin B maka kita wajib mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B. Makanan sumber vitamin B diantaranya kedelai, biji-bijian, ikan, keju, susu, jamur, ayam, dan produk hewani.

Kalau tubuh kelebihan vitamin B akibat yang ditimbulkan apa saja? Berikut ini ulasannya.

Inilah Akibat kelebihan vitamin B terhadap kesehatan tubuh yang perlu diketahui

Kelebihan Thiamin (Vitamin B1)

Jika dalam tubuh kelebihan thiamin atau vitamin B1 itu bisa menyebabkan alergi. Walaupun ini sangat jarang terjadi tetapi hal ini dapat menyebabkan bercak merah dan gatal pada kulit. Apabila dalam kondisi yang parah seseorang akan mengalami sulit bernapas, dada sesak, warna kulit berubah, dan pusing kepala.

Kelebihan Riboflavin (Vitamin B2)

Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi ribofalvin atau vitamin B2 maka akibat hal yang paling umum terjadi ialah urine berwarna kuning. Walaupun itu tidak berbahaya tetapi kalau sampai tubuh kelebihan riboflavin dengan dosis yang tinggi akan menyebabkan diare. Dalam kondisi yang lebih serius akan menyebabkan pada bagian wajah terjadi pembengkakan, bibir, lidah dan tenggorokan. Selain itu juga dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit.

Kelebihan Niacin (Vitamin B3)

Jika tubuh kelebihan niacin bisa menyebabkan merah pada kulit, diare, sakit kepala, mulas, sampai mual dan muntah. Dalam kondisi yang parah karena kelebihan vitamin ini bisa menyebabkan detak jantung yang tidak teratur, nyeri pada sendi.  Selain itu lengan dan kaki menjadi bengkak, penglihatan jadi kabur serta sakit kepala secara terus menerus. Disamping itu ada juga efek samping yang lain tetapi jarang sekali terjadi seperti mata kuning, tinja berdarah, nyeri perut. Dan juga mual dan muntah secara terus menerus.

Kelebihan Asam Pantotenat (Vitamin B5)

Kalau tubuh kelebihan asam pantotenat sama persis seperti kelebihan jenis vitamin B yang lain yaitu bisa menyebabkan diare. Selain itu juga kalau tubuh kelebihan vitamin ini bisa menyebabkan alergi dan juga pembengkakan sama seperti kelebihan vitamin B lain. Jadi cukup hal itu saja yang perlu kita waspadai.

Kelebihan Pyridoxamine (Vitamin B6)

Kalau tubuh kelebihan vitamin pyridoxamine ini pada umumnya tidak menimbulkan efek yang serius. Tetapi dalam beberapa kasus tubuh seseorang yang kelebihan pyridoxamine bisa menyebabkan sakit kepala, mual. muntah, nafsu makan hilang, kesemutan. Selain itu juga bisa sakit perut dan mudah ngantuk.

Apabila seseorang kelebihan vitamin ini dalam jangka panjang juga bisa meningkatkan resiko gangguan pada otak dan saraf. Tubuh menjadi terasa sangat lelah dan lemas juga dapat ditimbulkan akibat kelebihan pyridoxamine atau vitamin B6.

Kelebihan Asam Folat (Vitamin B9)

Sudah banyak orang yang tahu bahwa asam folat mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan terutama wanita hamil. Adapun beberapa manfaat dari asam folat untuk wanita hamil diantaranya supaya bayi terlahir normal, sehat tidak cacat. Serta dapat menghindarkan bayi terlahir prematur.

Oleh sebab itu selama masa kehamilan kebutuhan asam folat harus dipenuhi. Dan bagaimana kalau orang yang kelebihan asam folat? Perlu Anda tahu bahwa kelebihan dari vitamin jenis ini bisa meningkatkan resiko kanker prostat dan kanker paru-paru.

Kelebihan cyanocobalamin (vitamin B12)

Kalau dibandingkan dengan jenis vitamin B lainnya, cyanocobalamin ini masih tergolong aman walaupun kalau kelebihan bisa menyebabkan gatal-gatal dan diare. Efek yang paling parah jika kelebihan vitamin ini ialah dapat menyebabkan alergi.

Demikian ulasan tentang akibat kelebihan vitamin B terhadap kesehatan tubuh, semoga bisa menambah wawasan dan juga bermanfaat bagi kita.

Sumber : Sehatnatural

(Ad)

%d blogger menyukai ini: