Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hankam, News TNI Beli Pesawat Tempur Sukhoi-35

TNI Beli Pesawat Tempur Sukhoi-35

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, didampingi Kasad Jenderal Mulyono dan Kasal Ade Supandi saat meninjau Latihan Pasukan Khusus TNI Penanggulangan Terorisme Tahun 2017 yang dilaksanakan dari tanggal 9-10 Agustus 2017 lalu di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau . Dok. Puspen TNI

Sketsanews.com, Jakarta – Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo mengungkapkan, pengadaan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI terbaru berupa pesawat tempur Sukhoi-35 bertujuan untuk memperkuat pertahanan negara sesuai postur Minimum Essential Force (MEF) Renstra II TNI Tahun 2015-2019.

“TNI itu hanya mengajukan spesifikasi teknis meminta Sukhoi-35 lengkap dengan persenjataannya, sedangkan yang memprosesnya adalah Departemen Pertahanan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Gatot menjelaskan, alasan dipilihnya pesawat tempur Sukhoi-35 adalah karena memiliki banyak keunggulan serta telah teruji dalam medan tempur, untuk mengganti Armada Tempur Udara yang telah habis masa pakainya.

“Kita punya Pesawat F-5/Tiger yang lost time-nya, sudah satu setengah tahun yang lalu, dari hasil diskusi, maka Sukhoi-35 yang terpilih,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gatot mengatakan, pihaknya juga tidak ingin membeli ataupun memiliki Alutsista yang belum teruji dan tidak ingin mengambil resiko dengan membeli Alutsista yang masih percobaan.

“Jadi, kita harus membeli Alutsista yang terbaik dan pernah diuji coba untuk perang, jangan kita membeli hal-hal yang belum pernah dicoba,” ujarnya, sebagaimana dilansir dari laman Akurat.

Seperti diketahui, Indonesia akan membeli 11 pesawat tempur Sukhoi-35 dari pihak Rusia. Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Terbatas (Ratas) yang digelar beberapa waktu lalu di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

(Fya)

%d blogger menyukai ini: