Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, Headlines, News Pemkab Anggarkan Rp 2,5 Miliar Untuk Bangun Parkir Sarangan

Pemkab Anggarkan Rp 2,5 Miliar Untuk Bangun Parkir Sarangan

Tahun ini pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 2,5 miliar dari APBD, untuk membangun parkir bertingkat di kawasan wisata. Foto Ramzii

Sketsanews.com, Magetan – Pemkab Magetan mulai berbenah menata pengelolaan Wisata Telaga Sarangan. Salah satunya lahan parkir kendaraan para pengunjung.

Penataan parkir ini selalu menjadi persoalan, saat pengunjung wisata Telaga Sarangan Kecamatan Plaosan Magetan membeludak. Ini disebabkan karena lahan parkir yang sempit. Kondisi ini menyebabkan tumpukan kendaraan, setelah melewati pintu masuk utama.
Satu-satunya andalan lahan parkir, berupa lapangan milik Kelurahan Sarangan. Itupun tidak cukup menampung jumlah kendaraan saat musim libur panjang, seperti lebaran, tahun baru, dan moment libur lainnya.
Oleh sebab itu Pemkab Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Budaya, Parbud Magetan, akan membangun lahan parkir bertingkat. Tidak tanggung-tanggung, sesuai dengan lelang proyek yang diunggah di LPSE, dianggarkan dana Rp 2,5 miliar dari APBD Magetan.
Kepala Dinas Pariwisata Magetan Siran mengaku, pembangunan lahan parkir secara bertingkat, karena memang tidak ada lahan baru untuk dibangun area parkir. “Pemkab kesulitan membeli lahan, karena warga lebih memilih membangun hotel atau penginapan, yang dianggap menjadi bisnis yang lebih menguntungkan,” kata Siran.
Telaga Sarangan menjadi satu-satunya sektor wisata andalan untuk meraih Pendapatan Asli Daerah, atau PAD. Setiap tahun, Sarangan bisa menyumbang PAD Rp 6 miliar. Angka itu belum masuk pajak hotel.
Sumber: Pojokpitu
(Ro)
%d blogger menyukai ini: