773 Juta Email Bocor, Cek di Sini Punya Kamu Aman atau Tidak

Ilustrasi password login. Photo : Pixabay/TBIT

Ilustrasi password login. Photo :Pixabay/TBIT

Sketsanews.com, Jakarta – Pakar keamanan sekaligus otak dibalik situs HavelBeenPwned, Troy Hunt baru-baru ini membeberkan ada 773 juta alamat email yang bocor beserta kata sandi. Data ratusan juta email yang dinamai Collection 1 itu merupakan paket informasi yang dibocorkan untuk membantu hacker atau peretas membobol akun.

Dikutip dari laman Mirror, Jumat 18 Januari 2019, Hunt bisa mendapatkan akses ini melalui kontak lalu mengumpulkan detailnya. Untungnya, dia tidak membagikan informasi itu secara langsung di situsnya, sehingga masalah tidak menjadi tambah rumit.

Demi alasan keamanan, Hunt mengizinkan pengguna internet untuk memeriksa alamat email mereka apakah kena korban pembobolan data atau tidak. Hunt meminta pengguna internet untuk memasukkan akun email di halaman situsnya. Jika alamat email kamu ada dalam basis data tersebut artinya password email kamu telah bocor.
Dia menyarankan, jika email telah bocor, segera ganti kata sandi. Kamu harus menggunakan kata sandi yang kuat dan unik, apalagi untuk digunakan dalam hal perbankan. Untuk mendapat perlindungan ekstra adalah dengan melakukan autentikasi dua faktor.
Sebagian besar perusahaan besar telah mendukung autentikasi dua faktor, seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Autentikasi dua arah akan melindungi akun, karena ada bagian keamanan tambahan yang tidak bisa didapatkan hacker.

Perusahaan seperti Google akan mengirimi penggunanya kode unik jika terdapat seseorang yang masuk menggunakan akun kamu. Bisa juga menggunakan aplikasi ketiga untuk memberikan layanan tersebut. (As)

sumber : viva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: