Abdul Somad Batal Ceramah di UGM: Tak Sesuai Jati Diri Kampus

Ustaz Abdul Somad memberikan tausyiah pada Doa dan Tasyakuran Pilkada Damai di Masjid Assaadah Polda Sumsel, Palembang, Jumat (3/8/2018). ANTARA FOTO/Feny Selly
Ustaz Abdul Somad memberikan tausyiah pada Doa dan Tasyakuran Pilkada Damai di Masjid Assaadah Polda Sumsel, Palembang, Jumat (3/8/2018). ANTARA FOTO/Feny Selly

Sketsanews.com – Ustaz Abdul Somad (UAS) dijadwalkan mengisi ceramah di Ruang Utama Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (12/10/2019) pukul 12.45 WIB hingga selesai. Namun, batal setelah rektorat tak mengizinkannya.

Kepala Bagian Hukum dan Protokol UGM, Iva Aryani mengatakan, pimpinan univeritas meminta acara tersebut dibatalkan.

“Berkaitan dengan acara yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 12 Oktober 2019, maka pimpinan universitas meminta agar acara tersebut dibatalkan,” kata Iva, Rabu (9/10/2019).

Alasan pembatalan tersebut menurut Iva karena acara ceramah itu bukan kegiatan yang selaras dengan jati diri yang pegang teguh UGM.

“Hal tersebut [pembatalan] dilakukan untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan kegiatan non-akademik dengan jati diri UGM,” kata dia.

Iva menyebut jati diri UGM ditinjau dari keselarasan antara keterkaitan acara dan pembicaranya yakni UAS.

Takmir Masjid UGM sedianya juga mengundang Prof Heddy Shri Ahimsa Putra sebagai narasumber dalam ceramah dengan tema “Integrasi Islam dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Pondasi Kemajuan Indonesia”.

Ketua Takmir Masjid Kampus UGM, Mashuri Maschab belum merespons permintaan konfirmasi Tirto terkait kebijakan kampus yang membatalkan ceramah UAS ini. Beberapa kali dihubungi lewat telepon dan pesan WA tak berbalas.

Sumber: Tirto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: