Ada 10 Kerjasama yang Akan Disepakati dalam Kunjungan Raja Arab

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud

Sketsanews.com, Jakarta – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud akan berkunjung ke Indonesia pada Rabu, 1 Maret 2017. Kunjungan ini akan berlangsung hingga 9 Maret 2017.

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, terdapat 10 penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang akan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya adalah mengenai wakaf, serta haji dan umrah.

“Dan kaitannya dengan Kementerian Agama adalah peningkatan penyelenggaran haji dan umrah, kemudian kaitannya dengan wakaf, jadi kita akan intensifkan pendidikan agama , kebudayaan dan khusus wakaf ini akan ada secara khsusu nota kesepahaman akan ditindaklanjuti dengan program yang lebih kongkret,” tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (27/2/2017).

Khususnya wakaf, kerjasama dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyakarat. Pembangunan pun dapat dilakukan dengan adanya kerjasama pada sektor ini.

“Ya jadi wakaf ini kan sesuatu bentuk upaya bagaimana kita bisa mensejahterakan masyarakat luas, selama ini kan pengalaman Saudi Arabia lebih kaya. sedangkan kita pada tahap bentuk yang charity belum produktif ini yang akan kita kembangkan ke depan. Wakaf ini bukan hanya untuk masjid, sekolah, tapi juga untuk usaha produktif sehingga nilai kemanfaatan dari wakaf yang diberikan bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,” imbuh Lukman.

Tidak ditutup kemungkinan adanya wakaf dari masyarakat Arab untuk masuk ke Indonesia. Dana ini pun bisa dimanfaatkan bagi pembangunan dan kesejahteraan masyakarat.

Tak hanya itu, nantinya juga akan dilakukan pertemuan untuk membahas mengenai haji. Hal ini akan dibahas dan tidak tertutup kemungkinan bagi Arab untuk menambah kuota bagi Indonesia.

“Kaitannya dengan angkutan barang karena haji dan umrah ini banyak sekali kerjasama yang terkait dengan angkutan barang ini terkait dengan bea masuk, keamanan dan lain sebagaianya ini bagaimana yang akan dicantumkan dalam ini,” imbuhnya.

Dalam kunjungan ini nantinya juga akan dilakukan pertemuan secara khusus dengan para tokoh Agama. Pertemuan ini akan dilakukan dengan untuk membahas berbagai hal seperti ektremisme dan radikalisme.

“Ada dua pertemuan yang juga penting, raja akan bertemu secara khusus dengan tokoh agama yang ini sedang kita persiapkan dan tokoh agama lain, ini sedang kita upayakan agar itu bisa wujudkan. Ini masih kita dalami lagi,” tutupnya, diterbitkan Okezone.com

(Ro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: