Ada Kawah Es Menakjubkan di Mars, Ini Fotonya

Kawah Korolev di Planet Mars berisi balok es tebal diabadikan oleh kamera milik pesawat ruang angkasa Mars Express ESA. Foto/ESA/DLR/FU Berlin

Kawah Korolev di Planet Mars berisi balok es tebal diabadikan oleh kamera milik pesawat ruang angkasa Mars Express ESA. Foto/ESA/DLR/FU Berlin

Sketsanews.com, Berlin – Badan Antariksa Eropa (ESA) telah berbagi gambar komposit menakjubkan yang menunjukkan kawah selebar 50 mil di Mars yang diisi dengan es sepanjang tahun. ESA menyebutnya kawah Korolev.

Bagi penghuni masa depan Planet Merah tersebut jangan terlalu berharap untuk merayakan Natal putih di kawah itu, karena ESA mengonfirmasi bahwa isi kawah itu bukan salju. Menurut ESA, itu adalah balok es yang tebal yang mereka sebut “perangkap es” yang sangat besar. Lebar kawah 82 kilometer dan kedalamannya sekitar 2 kilometer.

Foto menakjubkan itu dirilis ESA pada 20 Desember 2018. “Negeri ajaib, musim dingin yang indah di Mars! Kawah berisi es ini dicitrakan oleh pesawat ruang angkasa Mars Express kami. Kawah Korolev 82 kilometer dan ditemukan di dataran rendah utara Mars,” tulis badan antariksa itu di Twitter via akun resminya, @esa.

Menurut ESA, isi kawah di Mars itu sepadan dengan dengan volume Great Bear Lake di Kanada. Artinya, itu bisa jadi peluang untuk kelangsungan hidup penghuni Mars masa depan. Bahkan, para calon penghuni Mars bisa berpeluang kembali ke Bumi karena karena air dari kawah itu dapat dipecah menjadi hidrogen dan oksigen untuk bahan bakar roket.

“Bagi Anda yang bertanya, ya itu water ice,” lanjut ESA, dalam tweet-nya.

Pesawat ruang angkasa Mars Express mendeteksi air pertama di Mars pada tahun 2004. Sejak itu upaya ekplorasi Mars untuk kehidupan manusia terus dilakukan.

Masih menurut ESA, gambar komposit mereka diambil oleh Kamera Stereo Resolusi Tinggi(HRSC) milik Mars Express dan sebenarnya dibentuk dari lima strip yang berbeda, dengan setiap strip dikumpulkan di atas orbit yang berbeda ketika Mars Express terbang di atas kepala. Misi yang diluncurkan sejak 2003 tersebut akan nenandai peringatan 15 tahun eksplorasi di Planet Merah.

Nama kawah es itu diambil dari nama kepala insinyur roket dan perancang ruang angkasa Sergey Korolev, yang dikenal sebagai bapak teknologi ruang angkasa Soviet dan kepala misi eksplorasi ruang angkasa yang ikonik termasuk program Sputnik, Vostok, dan Voskhod.

Fakta yang kurang diketahui adalah bahwa Korolev bermimpi tentang penerbangan ke Mars selama beberapa dekade dan benar-benar bekerja pada roket yang akan membawa seseorang ke Planet Merah. Namun, proyek yang belum selesai itu buyar karena sang visioner Soviet itu meninggal dunia pada tahun 1966. (Ad)

Sumber : Sindonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: