Air Kran Bisa Menyebabkan Karat Pada Radiator

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Ada dua jenis sistem pendinginan pada sepeda motor yang kita kenal. Salah satunya adalah sistem pendingin air. Sistem pendinginan air komponennya terdiri dari radiator, pompa air, thermostat, mantel pendingin di sekililing blok mesin dan pipa yang menyalurkan air dari mesin ke radiator.

Meskipun terlihat mudah, tetapi masih saja banyak pemilik motor yang belum paham cara mengisi air radiator. Termasuk soal apakah diwajibkan pakai cairan khsusus atau bisa diisi air kran biasa.

Seperti dikutip situs resmi Honda, Rabu 24 April 2019, sebaiknya radiator diisi dengan menggunakan cairan khusus yakni radiator coolant. Hal ini penting mengingat cairan ini ampuh menjaga sistem pendingin mesin agar tetap optimal.

Sementara penggunaan air kran, sangat tidak dianjurkan. Alasannya karena kandungan mineral pada air kran cukup tinggi. Sehingga, berisiko tinggi menyebabkan karat pada radiator.

Sementara radiator coolant, sudah diformulasikan khusus agar tidak menimbulkan karat. Jadi masih mau coba isi air radiator motor pakai air kran?. (Gs)

 

sumber : 100kpj

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: