Ajakan Cek Status HIV/AIDS di Hari AIDS Sedunia

Dr. Afif Nurul Hidayati Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Sketsanews.com – Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Surabaya mengajak masyarakat untuk peduli dan mengetahui status HIV/AIDS-nya. Ajakan ini menjadi bagian dari kampanye Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada hari ini, Sabtu (1/12/2018). Dr. Afif Nurul Hidayati Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga sekaligus dokter pesialis kulit dan kelamin menyebut, mengetahui status HIV/AIDS seseorang adalah hal penting yang harus dilakukan.

“Misalnya sudah tahu statusnya, kalau negatif kan Alhamdullilah. Bagi yang punya perilaku beresiko tinggi, kalau negatif, berarti syukur dan ke depan bisa berhenti. Kalau memang positif, bisa dapat pengobatan dan penanganan yang tepat,” kata Dr. Afif ketika ditemui di acara peringatan hari AIDS Sedunia 2018 di Surabaya pada Sabtu (1/12/2018).

Dr. Afif mengatakan, jika orang sudah mengetahui mengidap HIV/AIDS, maka ia bisa mengonsumsi obat bernama Anti Retro Virus (ARV) secara rutin. Obat ini akan bekerja dengan cara membunuh beberapa virus yang akhirnya meningkatkan status imunitasnya.

“Akhirnya kualitas hidupnya bagus. Ketika orang menggunakan ini (ARV, red) dan rutin, bisa hidup lama, seperti orang normal. Ada yang sampai 20-30 tahun sejak terinfeksi HIV/AIDS,” katanya, mengutip dari SuaraSurabaya.

Ia menyebut, untuk bisa mengetahui status HIV/AIDS seseorang, masyarakat bisa mendatangi Poliklinik Voluntary Counceling and Testing (VCT) yang ada di beberapa rumah sakit dan Puskesmas. Di Surabaya sendiri, RSUD Dr. Soetomo dan RS Unair, dan beberapa rumah sakit lain sudah menyediakan poliklinik tersebut.

Selain secara sukarela mendatangi pusat tes tersebut, biasanya petugas kesehatan akan menyarankan pasien yang awalnya sakit lain namun terindikasi memiliki gejala HIV/AIDS untuk memeriksakan dirinya di VTC. Biaya yang harus dikeluarkan pun tidak terlalu mahal. Dr. Afif mengatakan, harganya tak akan diatas Rp. 200 ribu dan bisa menggunakan layanan BPJS. Hasilnya pun bisa keluar pada hari yang sama. (bas/iss)

 

(in)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: