Ajarkan Bahasa Inggris yang Tepat di Lingkungan Akademik

Selama ini penggunaan Bahasa Inggris di lingkungan akademik, khususnya kampus memang sangat kurang. Terlebih untuk penulisan karya ilmiah atau jurnal bagi mahas

Sketsanews.com, SURABAYA-Selama ini penggunaan Bahasa Inggris di lingkungan akademik, khususnya kampus memang sangat kurang. Terlebih untuk penulisan karya ilmiah atau jurnal bagi mahasiswa maupun juga dosen. Melihat kondisi tersebut, ibu dan anak warga negara Amerika Serikat Carol Burill dan Kate Burill berinisiatif untuk berbagi ilmu dan meningkatkan penggunaan Bahasa Inggris di lingkungan akademik.

Melalui program dari Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, bekerja sama dengan dua universitas, yakni Univeristas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) dan Univeristas Udayana Bali, Carol Burill dan Kate Burill bermisi untuk memberikan pemahaman pentingnya meningkatkan menulis jurnal ilmiah berbahasa Inggris sesuai disiplin ilmu masing-masing.

“Sudah banyak orang paham dan mahir berbahasa Inggris, namun penggunaan bahasa akademik dan kosa kata yang tepat dan juga gaya penulisan akademik sesuai dengan disiplin ilmu masih kurang. Ini yang ingin kami tingkatkan,” kata Carol saat ditemui di Uinsa, Selasa (13/8).

Menurutnya, untuk meningkatkan pendidikan Bahasa Inggris dalam bidang akademik, perlu dilakukan pembelajaran yang lebih baik lagi. Hal inilah yang ibu dan anak tersebut lakukan, yakni memberikan pengajaran kepada para dosen Bahasa Inggris maupun dosen dari disipilin ilmu lainnya.

”Tidak hanya bagi dosen tersebut, tapi menekankan pada peningkatan kesadaran tenaga pendidik di kampus agar nantinya bisa ditransformasikan kepada mahasiswanya,” imbuhnya.

Selain itu, Carol juga memberikan pelatihan kepada para dosen untuk meringkas dengan menggunakan kalimat sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing dosen. ”Sebetulnya kami melakukan pengajaran ini sifatnya eksperiensial, sebagai tujuan dalam meningkatkan kemahiran menulis akademik,” terangnya.

Sementara itu, Kate Burill yang juga pernah tinggal selama setahun di Indonesia sebagai pengajar Bahasa Inggris. Dirinya membeberkan pentingnya penulisan akademik dalam Bahasa Inggris, hal ini bisa meningatkan mutu pendidikan di kampus. ”Sebetulnya Bahasa Inggris itu telah banyak dipelajari saat ini, namun untuk tataran akademis sendiri masih perlu peningkatan pembelajaran dalam penulisan. Karena ini semata-mata untuk menunjang dosen, mahasiswa dan juga kampus sendiri,”ungkapnya. (rmt/nur)

Original Source : radarsurabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: