Akibat dari Gempa Lombok, 553 Sekolah Rusak

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy (Foto: Kompas)

Sketsanews.com, Malang – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy mengatakan, terdapat 553 sekolah yang rusak akibat gempa bermagnitudo 7,0 yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (5/8/2018) lalu.

“Besok saya ke Lombok. Ada 553 sekolah yang rusak. Mulai dari ringan sampai berat,” katanya saat menghadiri Pidato Kebangsaan Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu (12/8/2018).

Nantinya, semua sekolah yang rusak akan dibangun kembali oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Solusinya pembangunannya kemungkinan akan ditangani oleh Menteri PUPR,” katanya.

Mantan Rektor UMM itu mengatakan, saat ini pihaknya masih fokus pada kegiatan belajar mengajar siswa yang terdampak gempa. Pihaknya sudah mengirimkan 64 tenda yang diperuntukkan sebagai ruang kelas bagi siswa untuk melakukan aktivitas belajar.

“Untuk Dikbud sekarang ini pokoknya menjamin bagaimana supaya kegiatan belajar siswa tidak terganggu. Karena itu, ini yang pertama kita siapkan tenda darurat, ruang kelas darurat untuk belajar siswa,” katanya.

“Sudah kita kirim 64 tenda. Dan, akan kita tambah lagi kalau masih ada kurang,” imbuh Muhadjir, sebagaimana dilansir dari laman  Kompas.

Muhadjir mengatakan, siswa merasa senang dengan proses belajar mengajar di tenda tersebut. Sebab, tenda yang disediakan merupakan tenda berstandard United Nations Children Fund (UNICEF).

“Kita usahakan tetap jalan. Ada trauma healing, ada pembimbingan trauma. Dan, mereka senang karena dia punya pengalaman baru kan. Belajar di tenda kan. Dan tendanya bagus. Pakai standart UNICEF. Jadi bukan tenda tentara, tenda tentara sumpek. Itu tendanya memang cocok untuk ruang belajar, mereka senang,” katanya.

(Wis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: