Sketsa News
Home News Anies Lepas Saham Bir, Al Khaththath Anggap Berkah untuk DKI

Anies Lepas Saham Bir, Al Khaththath Anggap Berkah untuk DKI

Anies Lepas Saham Bir, Al Khaththath Anggap Berkah untuk DKI Sekjen FUI Muhammad Al Khaththath menyatakan keputusan Gubernur Anies Baswedan melepas saham Pemprov DKI Jakarta di perusahaan bir langkah positif. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

Sketsanews.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath menyambut baik keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang melepas saham milik pemprov DKI di perusahaan bir PT Delta Jakarta Tbk. Menurutnya langkah itu sesuai dengan syariat Islam yang mengharamkan minuman keras.

“Itu langkah positif. Kebijakan yang Insya Allah berbuah keberkahan dari Allah yang telah mengharamkan khamr atau miras, salah satunya bir,” ujar Al Khaththath kepada CNNIndonesia.com, Kamis (16/5).

Alumnus 212 itu meyakini pelepasan saham akan berdampak positif pada kondisi perekonomian di ibu kota. “Ya ini makna keberkahan, ekonomi akan membaik bagi pemprov dan penduduk DKI,” katanya.

Anies dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno telah melepas porsi saham Pemprov DKI Jakarta di PT Delta Jakarta sebesar 26,25 persen. Mereka menaksir hasil penjualan saham itu bisa menyentuh angka Rp1 triliun.

Penjualan saham ini memang menjadi salah satu janji kampanye Anies-Sandi dalam pilgub DKI 2017. Keputusan itu justru disayangkan DPRD DKI, karena pembagian keuntungan saham dari perusahaan pembuat bir itu mencapai Rp40 miliar.

Sandiaga Uno menyatakan pelepasan 26,25 persen saham di PT Delta Djakarta karena ingin mendapat duit halal.

“Kita ingin tentunya kita mendapatkan dividen yang halalan toyiban,” ujar Sandi di Balai Kota Jakarta.

Sandi mengaku sadar perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) produsen Bir Anker itu menyumbang untung atau dividen ke Pemprov DKI Jakarta cukup besar.

Tahun 2017, PT Delta Djakarta memberi dividen Rp40 miliar. Menurut Sandi selama lima tahun ke belakang perusahaan tersebut rata-rata memberi deviden Rp38 miliar.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra berdalih dengan menjual saham PT Delta Djakarta, Pemprov DKI Jakarta bisa mendapat dana langsung senilai lebih dari Rp1 triliun untuk keperluan banyak program.

“Rp1 triliun itu bisa membangun enam puluh gedung sekolah, bisa membangun satu atau dua sekolah taraf internasional, bisa membuka lapangan kerja dengan menghasilkan lokasi-lokasi yang menampung PKL,” klaim Sandi.

(Tb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: