Sketsa News
 
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, News Antisipasi Penimbunan, Satgas Pangan Pantau Semua Pasar

Antisipasi Penimbunan, Satgas Pangan Pantau Semua Pasar

Direktur Reskrimsus Polda DIY Kombes Pol Gatot Budi Utomo

Sketsanews.com, Yogyakarta

Ketua Tim Satgas Pangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang juga Direskrimsus Polda DIY, Kombes Pol. Gatot Budi Utomo menjelaskan, jajarannya akan rutin melakukan pemantauan harga bahan pokok pada bulan puasa ini. Tak hanya di pasar-pasar pencatatan (sampel) saja, namun pihaknya akan memantau seluruh pasar yang ada di DIY.
“Kita pantau perkembangan harga-harga kita kumpulkan pelaku usaha untuk mereka sama-sama menjaga stabilitas harga. Jangan sampai mereka melakukan penimbunan sehingga mengakibatkam kelangkaan. Sudah langka jadi harga naik, inflasi naik,” jelas Gatot di Yogyakarta, Kamis (17/5).
Gatot pun mengakui bahwa saat ini sejumlah bahan pangan mulai merangkak naik. Namun kenaikan tersebut masih dalam batas wajar dan pergerakan relatif terkendali. Ia pun menegasakan jika harga bahan pangan naik di atas ketentuan pemerintah, pihaknya akan segera melakukan investigasi.
“Kalau sampai harganya melampui net ya kita akan melakukan investigasi apakah ada permainan atau ada apa di balik itu. Lalu melakukan penyelidikan,” tuturnya.
“(Sejauh ini) ada kenaikan tapi dalam batas tolerasi. Dari Bulog dan Disperindag mengatakan stok aman,” tegasnya.

Penggerebekan gudang gula rafinasi.

Penggerebekan gudang gula rafinasi. (Foto: Dok. Bareskrim)

Sejak awal pihaknya juga telah mengumpulkan para pelaku usaha untuk bersama menjaga stabilitas harga. Ia pun berharap semua pihak saling bahu-membahu menjaga agar harga bahan pangan senantiasa stabil
“Semua pihak bagaimana menjaga harga stabil, karena pasokan (bahan pangan) tetap ada,” pungkasnya. (Ad/Kumparan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: