Arab Saudi Ancam Ambil Tindakan Militer Jika Qatar Beli Sistem Rudal Rusia

Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Arab Saudi. Foto/SPA/REUTERS

Sketsanews.com, Arabsaudi –  Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz mengancam akan mengambil tindakan militer jika Qatar memasang sistem pertahanan rudal S400 buatan Rusia. Hubungan Qatar dan Arab Saudi saat dalam ketegangan setelah kedua negara memutuskan hubungan diplomatik mereka tahun lalu.

Qatar dan Rusia menandatangani perjanjian kerjasama militer dan teknis tahun lalu dan pada Januari Duta Besar Qatar untuk Rusia mengatakan negaranya sedang melakukan pembicaraan untuk membeli sistem pertahanan rudal S400 dari Moskow.

Surat kabar Le Monde mewartakan, Raja Salman telah menulis surat kepada Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang mengungkapkan kekhawatirannya terkait negosiasi antara Doha dengan Moskow dan kemungkinan bahwa nantinya Qatar dapat meluncurkan rudal.

“Kerajaan (Arab Saudi) akan siap untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menyingkirkan sistem pertahanan ini, termasuk aksi militer,” demikian diwartakan Le Monde mengutip surat yang dikirimkan kepada Macron sebagaimana dilansir Okezone, Minggu (3/6/2018).

Le Monde melaporkan bahwa surat itu dikirimkan baru-baru ini, tetapi tidak menjelaskan secara lebih spesifik. Melalui surat itu, Raja Salman meminta bantuan Macron untuk mencegah penjualan rudal dan menjaga perdamaian di Kawasan Teluk.

Baik kantor kepresidenan Prancis mau pun kantor komunikasi Pemerintah Saudi belum memberikan komentarnya mengenai pemberitaan tersebut.

(Tb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: