Astronot Apollo 8 Sebut Rencana Manusia ke Mars Konyol

Frank Borman, James Lovell dan William Anders adalah orang-orang pertama yang meninggalkan orbit Bumi. Kredit: NASA

Frank Borman, James Lovell dan William Anders adalah orang-orang pertama yang meninggalkan orbit Bumi. Kredit: NASA

Frank Borman, James Lovell dan William Anders adalah orang-orang pertama yang meninggalkan orbit Bumi. Kredit: NASA
Frank Borman, James Lovell dan William Anders adalah orang-orang pertama yang meninggalkan orbit Bumi. Kredit: NASA

Sketsanews.comJakarta – Salah satu orang pertama yang mengorbit bulan, Bill Anders, menyatakan bahwa rencana untuk menempatkan manusia di Mars ‘konyol’ dan ‘bodoh’, sebagaimana dilaporkan Daily Mail pekan ini.

Anders adalah pilot modul bulan pada misi Apollo 8 yang mengorbit bulan pada Malam Natal 1968. Dia membuat pernyataan mengejutkan dalam sebuah wawancara dengan BBC Radio 5 Live baru-baru ini.
Dia mengatakan misi tak berawak yang lebih murah ke Mars masuk akal, tetapi tidak ada logika atau keinginan publik untuk melihat astronot berjalan di planet tetangga kita itu.

Komandan Apollo 8 Frank Borman menambahkan bahwa rencana dari miliarder Jeff Bezos dan Elon Musk untuk menjajah Mars adalah ‘omong kosong’.

Anders adalah kritikus blak-blakan terhadap NASA. “Apa yang penting? Apa yang mendorong kita untuk pergi ke Mars? “ katanya, sambil menambahkan, “Saya kira masyarakat tidak tertarik.”

“NASA tidak bisa ke Bulan hari ini. Mereka begitu keras … NASA telah berubah menjadi program pekerjaan … banyak pusat perhatian tertarik untuk tetap sibuk dan Anda tidak melihat dukungan publik selain dari mereka mendapatkan gaji dan anggota kongres mereka bisa terpilih kembali.”

Pensiunan astronot berusia 85 tahun itu juga mengecam misi orbit dekat Bumi setelah misi Apollo. “Saya pikir pesawat ulang-alik adalah kesalahan serius. Itu hampir tidak melakukan apa-apa kecuali peluncuran yang menarik, tetapi tidak pernah memenuhi janjinya,” katanya.

“Stasiun luar angkasa hanya ada di sana karena Anda memiliki pesawat ulang-alik, dan sebaliknya. NASA benar-benar salah mengelola program berawak sejak pendaratan di bulan terakhir,” ujarnya.

Apollo 8 adalah misi yang membuat Anders dan sesama astronot Frank Borman dan Jim Lovell menghabiskan 20 jam di luar angkasa. Sementara para kru telah menyelesaikan sepuluh orbit bulan saat ini.

Pandangan ini mungkin tampak mengejutkan dari seorang patriot dan anggota militer AS. Pandangan Anders juga mungkin tidak cocok dengan beberapa orang di komunitas luar angkasa.

“Saya pikir NASA beruntung memiliki apa yang mereka miliki – yang menurut saya masih sulit untuk dibenarkan. Saya bukan orang yang sangat populer di NASA karena mengatakan itu, tetapi itulah yang saya pikirkan,” tambahnya.

Komandan Apollo 8, Frank Borman, percaya bahwa NASA harus mengejar pemahaman lebih lanjut tentang batang surya kita. Namun, ia memiliki pendapat yang sama dengan Anders dalam hal menempatkan orang di Mars.

“Saya tidak sekritis Bill terhadap NASA,” katanya pada 5 Live. “Saya sangat yakin bahwa kita membutuhkan eksplorasi tata surya kita dan saya pikir manusia adalah bagian dari itu. Saya pikir ada banyak hype tentang Mars yang tidak masuk akal. Musk dan Bezos, mereka sedang berbicara tentang menempatkan koloni di Mars, itu omong kosong.”’ (wal)

sumber: tempo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: