Awas! Tilang Elektronik Sudah Berlaku di Kota Malang

Kasat Lantas Polres Makota AKP Ari Galang Saputro. (Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Sketsanews.com, Malang – Kepolisian Resort Malang Kota (Makota) kini mulai memberlakukan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau sistem tilang elektronik. Hal ini disampaikan oleh Kasat Lantas Pokres Makota AKP Ari Galang Saputro, Jumat, 16/11/2018. Ia mengaku, bahwa saat ini telah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Malang terkait penggunaan E-TLE.

“Jadi pekan ini telah kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penerapan tilang elektronik atau E-TLE. Hari ini juga tadi telah dilakukan sosialisasi melalui siaran radio”, kata Galang kepada Sketsanews.com, Jum’at, 16/11/2018.

Galang menjekaskan, pada tahap awal pihaknya akan menempatkan kamera pengawas (CCTV) pada dua titik yakni di trafic light Hotel Savana dengan kamera menghadap ke utara, dan trafic light Jl. Kaliurang dengan kamera pengawas yang menghadap kearah selatan. Ia menilai kedua tempat itu akan dijadikan pilot project dalam penerapan E-TLE di Kota Malang.

“Dengan E-TLE ini, semoga masyarakat semakin meningkatkan kesadarannya dalam berlalu lintas. Termasuk juga, disaat petugas tidak sedang di tempat. Ini akan menumbuhkan kedisplinan pengguna jalan,” lanjut Kasat.

Baca juga: Siap-siap! Polisi Sudah Terapkan Tilang Elektronik di Kota Malang

Galang menambahkan bahwa apabila dalam pelaksanaan ditemui kendala teknis seperti seperti listrik dalam keadaan padam, maka akan dilakukan pemantauan secara manual.

“Nanti apabila ada permasalahan listrik mati, maka petugas yang berada di pos kawasan itu segera melaporkan ke kantor dan akan dilakukan pemantauan manual”, imbuh Kasat Lantas.

Pada pelaksanaan uji coba nanti akan dilaksanakan selama satu bulan. Pada tahap ini bagi para pelanggar akan diberikan teguran melalui pengeras suara yang terpasang di lokasi.

Baca juga: Ops Zebra Semeru 2018, Pelanggaran di Kota Malang Menurun 32 Persen

“Namun apabila didapati pelanggaran lalu lintas yang kasat mata dan saat itu juga ada anggota, maka anggota yang berada di lokasi langsung bisa melakukan penindakan”, tukas Galang.

Disinggung soal kesiapan sarana dan prasarana, Kasat lantas mengaku telah siap semua termasuk SDM. Selanjutnya tinggal diujicobakan kepada masyarakat umum pengguna jalan.

Lebih lanjut, Kasat Lantas Polres Makota itu menghimbau kepada masyarakat pengendara agar lebih tertib dalam berkendara dan mematuhi peraturan berlalu-lintas yang ada agar tercipta keselamatan untuk semua. (Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: