Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat, News Bagian dari Sperma ini Memengaruhi Kualitas dan Kesuburan

Bagian dari Sperma ini Memengaruhi Kualitas dan Kesuburan

Sperma (Foto: Theverge)
Sperma (Foto: Theverge)

Sketsanews.com – Semua orang tentunya tidak akan asing dengan sperma. Bagi Anda para lelaki, tentunya sperma merupakan simbol kesuburan. Meski demikian, sperma ternyata memiliki struktur yang lebih rumit dari yang pernah diketahui peneliti.

Ilmuwan selalu mengetahui bahwa sel telur yang dibuahi atau zigot membutuhkan dua sentriol dari sperma untuk menciptakan janin. Teori yang dulu digunakan adalah bahwa sperma mengandung satu sentriol, yang menggandakan diri begitu memasuki telur.

Namun menurut sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, menjelaskan sperma sebenarnya mengandung dua centrioles. Centriole yang baru ditemukan -dikenal sebagai “centriole atypical” – berisi satu set protein centriole yang diketahui sebelumnya untuk melakukan tugasnya begitu telur dibuahi.

Menurut para peneliti, temuan baru tersebut dapat membantu menjelaskan masalah dengan infertilitas.

“Penelitian ini penting karena kelainan dalam pembentukan dan fungsi dari centriol atipikal merupakan akar ketidaksuburan, penyebab yang tidak diketahui pada pasangan yang tidak memiliki pilihan pengobatan untuk mereka. Selain itu ini juga mungkin memiliki peran dalam kehilangan kehamilan dan cacat perkembangan embrio.,” kata Dr. Tomer Avidor-Reiss, profesor di Departemen UT Ilmu Biologi, melansir dari Mens Health, Senin (11/6/2018).

Tim menggunakan mikroskop canggih untuk mempelajari sampel sperma manusia yang diperoleh dari cryobank. Dari hasil tersebut mereka menemukan sentriol baru yang terlihat berbeda dari yang sudah mereka ketahui.

“Kami menemukan sentriol yang sebelumnya sulit dipahami menggunakan teknik mutakhir dan mikroskop. Hal ini diabaikan di masa lalu karena itu benar-benar berbeda dari sentriol yang diketahui dalam hal struktur dan komposisi protein.” lanjutnya.

Masih terlalu dini untuk menyimpulkan apakah Anda bisa menyalahkan ketidaksuburan pada komponen sperma yang satu ini. Meski demikian tim yakin temuan itu sangat besar dan berencana melakukan penelitian tambahan.

“Kami bekerja dengan Departemen Urologi di Universitas Toledo Medical Center untuk mempelajari implikasi klinis dari centriole atipikal untuk mengetahui apakah itu terkait dengan infertilitas,” lanjut Reiss.

Tetapi sampai penelitian memberikan jawaban yang jelas. Asa beberapa cara dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan secara alami. Membatasi alkohol, mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti berry dan menjaga berat badan yang sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan sperma Anda. (wal/okezone)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: