Banjir Bandang Terjang Solok Selatan Sumbar

Foto: Banjir bandang di Solok Selatan (Jeka-detikcom)

Foto: Banjir bandang di Solok Selatan (Jeka-detikcom)

Sketsanews.com, Padang – Banjir bandang menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Lebih dari seribu rumah terendam air hingga ketinggian hampir satu meter.

Belum ada laporan korban jiwa, namun warga terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman. Kepala Badan Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Solok Selatan, Joni Hasan Basri menyebutkan, banjir terjadi dipicu hujan lebat yang terjadi sejak Kamis (17/1/2019), sore.

“Malam ini kita masih evakuasi. Sedikit terkendala, karena hujan masih lebat,” kata Joni kepada detikcom.

Menurut Joni, ada enam sungai di daerah itu yang meluap. Ke-enam sungai tersebut adalah Sungai Sapan Aia Angek, Sungai Batang Pagu, Sungai Batang Bangko, Sungai Batang Suliti, Sungai Batang Pulakek dan Aliran Irigasi Bara.

Dalam catatan sementara, ada tiga kecamatan yang dilanda bencana, yakni Kecamatan Pauh Duo, Sungai Pagu dan Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

Air menggenangi beberapa titik ruas jalan nasional, sehingga mengganggu transportasi. Banjir juga membawa material longsoran perbukitan berupa kayu bekas penebangan.

Untuk penanganan sementara, pihak BPBD sudah meminta Dinas Sosial setempat untuk mendukung keperluan logistik warga yang menjadi korban. (Ad)

Sumber : Detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: