Banyak Pemilih Tambahan, Waktu Nyoblos di TPS Paris Sempat Diperpanjang

Foto: Pemilu 2019 di Paris (Dok. PPLN Paris)

Foto: Pemilu 2019 di Paris (Dok. PPLN Paris)

Sketsanews.com, Paris – Pemungutan suara Pemilu 2019 di Paris, Prancis telah berlangsung dengan lancar. Banyaknya jumlah pemilih tambahan membuat TPS sempat dibuka lebih lama.

“Para calon pemilih dengan penuh antusias mengikuti pesta demokrasi yang berlangsung 5 (lima) tahun sekali tersebut, dari sejak pukul 08.00 pagi pada saat Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) mulai dibuka,” kata anggota PPLN Paris, Rudjimin, dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (14/4/2019).

Sebanyak 74% pemilih di Paris masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), 9% pemilih masuk di Daftar Pemilih tambahan (DPTb) dan 17% merupakan pemilih di Daftar Pemilih Khusus (DPK). PPLN menyebut banyaknya pemilih dari DPK dan DPTb dikarenakan Paris merupakan salah satu pusat pendidikan yang menjadi tujuan mahasiswa dan tenaga pengajar Indonesia. Selain itu Paris juga merupakan salah salah satu negara tujuan wisata.

Banyaknya pemilih yang memberikan suaranya mengharuskan PPLN memperpanjang waktu pemungutan suara menjadi pukul 18.40 waktu setempat.

Melansir dari laman detik, untuk pemungutan suara di KBRI, PPLN Paris membentuk 3 TPSLN dan 1 TPSLN pos untuk melayani para pemilih. PPLN menyebut tingkat kehadiran pemilih jauh lebih tinggi dari pemungutan 5 tahun yang lalu berkat sosialisasi yang masif.

“Setelah melakukan pemilihan, para pemilihan nampak sekali menikmati aneka masakan yang tersedia, becanda dan tertawa di halaman KBRI,” cerita Rudjimin. (Lis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: