Belasan Pesawat Tempur TNI AU Meraung di Lanud Abdulrachman Saleh

Pesawat tempur milik TNI AU menggelar latihan di langit Malang Raya

Pesawat tempur milik TNI AU menggelar latihan di langit Malang Raya. (Foto: Pentak for Sketsanews.com)

Sketsanews.com, Malang – Tidak seperti biasa, akhir-akhir ini langit di Malang Raya dan sekitarnya dihiasi dengan deru dan raungan pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara yang tengah mengudara guna mengasah profesionalisme penerbangnya mengawaki pesawat tempur.

Apabila pada hari-hari biasa hanya pesawat yang berhome base di Lanud Abdulrahman Saleh yang mengudara. Pesawat yang mengudara hanya ada dua jenis pesawat angkut yaitu Cassa 212 dan C-130 Hercules serta satu jenis pesawat tempur Super Tucano. Namun pada pertengahan bulan Juni 2019 ini terdapat dua jenis pesawat tempur yang datang di Lanud Abdulrachman Saleh, yakni Hawk 109/209 dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak serta pesawat Sukhoi SU 27 dan Sukhoi SU 30 dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

Crew dan Pesawat Hawk 109/209 telah datang lebih awal pada pertengahan Juni 2019 setelah cuti lebaran usai. Pesawat tempur yang berjulukan Elang Khatulistiwa itu datang ke Lanud Abdulrahman Saleh untuk mengasah para pilot pesawat tempurnya melaksanakan latihan penembakan bom dari pesawat udara ke darat (weapon delivery).

Kepala Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh Letkol Sus. Dodo Agusprio, S., S.S, menerangkan, bahwa selama latihan, seluruh pesawat berhome base di Lanud Abdulrahman Saleh dan sasaran tembaknya berada di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur.

(Foto: Pentak for Sketsanews.com)

“Sedangkan Pesawat tempur tercanggih TNI Angkatan Udara Sukhoi SU 27 dan Sukhoi SU 30 dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, datang pada Jumat (21/6) lalu di Lanud Abdulrachman Saleh,” terang Kepala penerangan Lanud Abdulrachman Saleh, Senin, 24/6/2019.

Ia menambahkan, Crew dan Pesawat Sukhoi SU 27 dan Sukhoi SU 30 datang di Lanud Abdulrachman Saleh dalam rangka mendukung pelaksanaan latihan puncak TNI Angkatan Udara Angkasa Yudha pada Bulan Juli mendatang.

Deru dan raungan pesawat tempur di atas langit Malang Raya tentu mengundang masyarakat untuk bertanya-tanya. Rohmat Basuki (43) salah satu warga Singosari Kabupaten Malang mengaku heran dengan adanya suara deru dan raungan pesawat tempur yang terjadi, namun ia mengaku sangat senang dengan adanya latihan pesawat tempur TNI Angkatan Udara baik Hawk maupun Sukhoi di Malang Raya.

Menurutnya Lanud Abdulrachman Saleh merupakan pangkalan operasi TNI Angkatan Udara yang biasa digunakan untuk latihan militer baik pesawat tempur, pesawat angkut maupun PPRC TNI.

“Ternyata sedang ada latihan dari TNI AU Penerbangan pesawat tempur itu menunjukkan adanya latihan yang dilaksanakan secara kontinyu,” ucap Basuki. (Lis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: