Benarkah Tidur Pakai Kipas Angin Bisa Kena Paru-Paru Basah?

Sketsanews.com, Jakarta – Ketika cuaca sedang panas, kipas angin merupakan penyelamat agar badan tidak kegerahan dan tetap nyaman apalagi jika sedang bersiap-siap untuk tidur. Tapi banyak yang beranggapan tidur dekat kipas angin bisa bikin paru-paru basah. Hmm.. mitos atau fakta ya?

“Mitos. Jadi paru-paru basah itu sebenarnya istilah awam ya tapi dalam istilah medisnya efusi pleura atau cairan yang ada di rongga pleura,” kata spesialis paru konsultan dari RS Persahabatan, dr Sita Andarini, SpP(K), Kamis (18/7/2019).

Pleura adalah bagian vital dari saluran pernapasan yang bertujuan untuk melindungi paru-paru dan mengurangi gesekan yang mungkin timbul antara paru-paru, tulang tusuk dan rongga dada yang berbentuk selaput.

Dikutip dari WebMD, efusi pleura adalah jumlah cairan yang tidak biasa di sekitar paru-paru. Pleura menciptakan terlalu banyak cairan ketika teriritasi, meradang, atau terinfeksi.

“Cairan dalam rongga pleura bisa disebabkan karena berbagai macam hal, contohnya dengan orang dengan infeksi TB, pada pasien kanker paru, atau pasien gagal jantung juga kadang suka sering didapatkan cairan pada rongga pleura dan tidak berhubungan dengan kipas angin,” tambah dr Sita.

Meski tidur di depan kipas angin tidak menyebabkan paru-paru basah, tapi kebiasaan ini tetap harus dikurangi. Boleh saja tidur menggunakan kipas angin asal arahnya jangan langsung ke badan ya! (Spa)

Sumber: Detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: