Bentuk Unik Gembok Motor

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta -Guna menghindari tindak curanmor (pencurian kendaraan bermotor), berbagai pabrikan turut andil dengan menyematkan beberapa fitur keamanan, sebut saja keyless-ignition, shuttered-key, dan bahkan alarm built-in.

Namun, tak ada salahnya para pemilik kendaraan  menambah perangkat keamanan sendiri saat motor ditinggal pergi. Sekarang ada beberapa model gembok motor yang bisa digunakan. Berupa penguncian rantai, cakram, alarm, penambat dan kunci stang.

1. Gembok Alarm

Alarm lock sebetulnya bukan barang baru. Peringatan bisa aktif bila terkena sentuhan atau getaran. Gembok macam ini lazim dipasang pada bagian roda motor. Khususnya cakram depan. Suara yang keluar berkekuatan hingga 110 dB. Di toko online, Anda bisa menemukan mulai dengan harga Rp 50 ribuan hingga ratusan ribu. Pilih sesuai kebutuhan.

Beberapa kunci pada gembok juga punya bentuk yang unik. Jadi sedikit repot untuk didublikasi atau dijebol. Dalam pembelian, biasanya terpasang baterai kecil dan serepnya. Konon, usia baterai bisa bertahan cukup lama.

2. Gembok Pelek

Ada banyak model gembok pelek. Salah satu yang terkenal bermerek Schone. Dipasangkan antara pelek depan dengan shock motor. Bentuknya agak besar. Jadi lebih cocok dipakai di rumah. Bahan yang digunakan besi kuat. Banderolnya sedikit lebih mahal dari jenis lain. Rp 200 sampai Rp 300 ribuan.

3. Gembok Rantai

Kalau mau gembok yang berkualitas, bisa pilih model rantai. Misalnya Cryptonite New York Fahgettaboudit 1415. Ketebalan rantai berdiameter 15 mm. Diklaim punya daya tahan terbaik untuk melindungi motor. Namun Anda harus mengeluarkan kocek lebih dalam. Pasalnya, gembok ini berharga Rp 2 jutaan. Ia dilengkapi penguncian U-Lock atau kunci US, yang memiliki standar keamanan terbaik. Motor adalah aset bergerak yang berharga, jadi keamanannya patut diprioritaskan.

4. Jenis Immobilizer

Ada jenis pengaman Spy 5000m. Fungsinya sebagai remote control untuk motor. Memungkinkan Anda punya kendali dari jarak efektif 1.000 sampai 2.000 meter. Melalui remote, Anda bisa mengetahui semua gangguan fisik pada motor karena sistem deteksi canggih. Secara langsung notifikasi pada remote memberikan beberapa informasi dengan lambang yang berkedip dan suara.

Dengan sistem keamanan yang terintegrasi, berbagai tindakan pencegahan bisa dilakukan. Misalnya mematikan mesin, menghidupkan alarm dan pelacakan. Harganya sekitar Rp 1,5 jutaan. Teknologi ini dibilang mampu memberikan perlindungan ekstra pada motor.

5. Grip Lock

Grip Lock biasanya dipasang pada bagian tuas gas, kopling atau rem. Pokoknya yang berkaitan dengan stang. Model ini berdiameter grip 27 mm sampai 38 mm. Hampir semua jenis motor bisa dipasangkan. Ia mengandalkan material spring steel dan housing glass reinforced nylon. Kelebihannya, praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Di bawah jok, misalnya. Banderol gembok ini mulai dari Rp 75 ribuan hingga ratusan ribu.

(Gs)

Sumber: Oto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: