Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Ekonomi & Bisnis, Headlines, News Berkah Ramadan, Omzet Penjual Daun Pisang Meroket Rp3 Juta Per Hari

Berkah Ramadan, Omzet Penjual Daun Pisang Meroket Rp3 Juta Per Hari

Permintaan daun pisang Kabupaten Lebak, Banten, selama Ramadhan meningkat untuk dipasok ke sejumlah pasar tradisional di DKI Jakarta.

Sketsanews.com, Banten – Omzet penjual daun pisang di Kabupaten Lebak, Banten, meningkat dua hingga tiga kali lipat pada bulan Ramadan, terutama ketika Idul Fitri 2018 kian mendekat.

“Saya kewalahan melayani permintaan pasar,” kata Ujang (45) seorang pedagang daun pisang di Kabupaten Lebak, Selasa (12/6/2018).

Saat ini, omzetnya dari penjualan daun pisang meningkat hingga Rp3 juta dari sebelumnya Rp1 juta per hari. Daun pisang yang dibelinya dari petani Kabupaten Lebak, ia pasok ke Jakarta dengan menggunakan mobil bak terbuka.

“Saya sekarang memasok daun pisang hingga satu ton per hari, Sebelumnya rata-rata lima kuintal per hari,” katanya.

Menurut dia, daun pisang yang dijual ke Jakarta itu jenis pisang kelutuk karena lebih kuat untuk dijadikan bahan pembungkus makanan. Ujang membelin daun pisang dari petani di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciujung. Kawasan tersebut sangat subur untuk ditanami pohon pisang.

“Saya membeli daun pisang dari petani dengan harga Rp1.500 per pelapah,” ungkapnya.

Sementara itu, seperti dikutip dari Wartaekonomi, Udin (50), penampung daun pisang juga merasa kewalahan memenuhi permintaan pasar. Selama bulan Ramadan, ia bisa menjual tiga ton dari sebelumnya satu ton per hari. (Ro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: