Beroperasinya MRT Memberikan Pendekatan Baru akan Konsep Ritel

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Lembaga konsultan properti global, Jones Lang LaSalle (JLL) mencatat pasar ritel pada triwulan kedua tahun ini masih tetap stabil. Hal ini ditunjukkan oleh aktifnya peritel dari sektor fashion dan F&B dengan tingkat hunian tetap stabil di angka 88%.

“Beroperasinya MRT memberikan pendekatan baru akan konsep ritel yang melengkapi kebutuhan pengguna MRT dengan konsep grab n go. Konsep semacam ini diharapkan dapat berkembang dengan seiring bertambahnya rute baru MRT atau LRT,” kata Head of Retail JLL Cecilia Santoso di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Sementara itu, Head of Research JLL James Taylor menambahkan bahwa mulai berkembangnya toko ritel yang berada di stasiun MRT memberikan ruang ekspansi khususnya bagi convenience store dan F&B.

James mengatakan moratorim yang membatasi pelaku dan pengembang ritel untuk berekspansi memberikan tiga alternatif yaitu pengembangan ke wilayah bodetabek, menjadi bagian mixed-use developments, dan mengisi shopping retail di bangunan perkantoran.

“Tahun depan tingkat okupansi diperkirakan akan sedikit menurun di 2021 untuk pusat perbelanjaan karena adanya pusat perbelanjaan baru namun akan terus meningkat di tahun setelahnya begitu juga harga,” ucap James, dikutip dari wartaekonomi.

Selain sektor ritel, JLL juga mencatat penyerapan ruang perkantoran masih menunjukkan tren positif. Penyerapan ruang kantor di kawasan Center Business District (CBD) Jakarta tercatat masih cukup tinggi.

“Total penyerapan ruang sewa perkantoran CBD selama semester I-2019 dapat dikatakan baik karena telah melebihi 50% dari total rata-rata penyerapan selama sepuluh tahun terakhir,” kata James.

Sementara itu, perusahaan yang berbasis teknologi masih mengambil porsi terbesar yakni 43% dengan tingkat okupansi keseluruhan mencapai 76%. Perusahaan teknologi mencakup online marketplacefinancial technologyonline gamingtravel booking, serta coworking space. (Yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: