Budi Gunawan Sebut Sudah 3 Bulan BIN Pantau Pelaku Penusukan Wiranto

 Intelijen tahu pelaku beberapa kali mengumpulkan pisau
Intelijen tahu pelaku beberapa kali mengumpulkan pisau

Sketsanews.com – Peristiwa penyerangan terhadap Menko Polhukam Wiranto di Pandeglang, Banten, pada Kamis (10/10), mengakibatkan mantan Panglima ABRI itu mengalami luka di bagian perut. Saat ini, Wiranto tengah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang datang membesuk Wiranto mengatakan, Wiranto sedang menjalani operasi yang dilakukan tim dokter RSPAD.

“Pak Wiranto sedang menjalani tindakan ya, tindakan operasi tapi beliau sadar kita doakan supaya segera cepat pulih,” kata Budi di Paviliun Kartika, RSPAD, Jakarta Pusat, Kamis (10/10).

Budi mengatakan, sudah melakukan pemantauan terhadap pelaku penusukan yang terpapar jaringan radikalisme kelompok Jeamaah Ansharut Daulah (JAD) sejak tiga bulan yang lalu.

Tersangka telah beberapa kali pindah, dari Kediri ke Bogor lalu ke Menes, karena cerai dengan istri pertamanya dan menikah kembali di Menes.

“Memang sel-sel seperti ini kan cukup banyak sehingga kami mengimbau masyarakat untuk juga ikut mengawasi sel-sel seperti ini,” tegas Budi.

Satuan Tugas Gabungan dari Densus dan BIN sedang mengembangkan informasi seputar kasus ini. Dia pun mengatakan ada kaitan dengan penangkapan lima orang terduga teroris di Bekasi. Pelaku berinisial SA alias Abu Rara telah dipantau oleh BIN.

“Khusus Abu rara ini sudah kita pantau, beberapa kali mulai mengumpulkan pisau artinya belum pada tahapan BOM ya tapi kan pola-pola seperti itu bisa dengan pisau, senjata, maupun BOM,” jelas Budi.

BIN, jelas Budi, telah mendeteksi potensi teror dari kelompok JAD jelang pelantikan Presiden pada 20 Oktober nanti.

“Kita sudah mendeteksi memang menjelang masa pelantikan Presiden itu memang ada rencana-rencana seperti itu dari JAD, sehingga memang harus kita tingkatkan, harus waspada kita,” ujarnya.

Sumber: IDNTimes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: