Camilan Belalang Sawah Makin Diminati

Sketsanews.com, Mojokerto – Belalang yang dianggap serangga hama dan hidup di persawahan, ternyata bisa dijadikan makanan ringan yang lezat dan nikmat. Camilan belalang buatan warga Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto ini banyak dinikmati warga.

Usaha camilan belalang sawah ini ditekuni oleh Fatmawati, warga Desa Suru, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto sejak 4 tahun terakhir. Belalang sawah dengan nama latin Caelifera ini, dijadikan camilan yang lezat dan kaya akan protein.

Untuk mendapatkan belalang sawah ini, Fatmawati mendapat kiriman dari para pencari belalang dari kecamatan Wringin Anom, Kabupaten Gresik. Dengan harga Rp 150 ribu per kilogram.

Ada dua jenis belalang yang dapat dimasak dan tidak beracun, yaitu belalang kayu dan belalang pari. Untuk membuat camilan belalang ini, terlebih dulu dibersihkan bagian sayap, kaki dan isi perutnya. Selanjutnya, belalang dicuci berkali-kali hingga bersih dan tidak berbau amis. Sambil menunggu proses penggorengan, disiapkan sejumlah bumbu masakan seperti bawang merah, bawang putih dan cabe serta garam.

Untuk proses penggorengan dilakukan 2 kali setelah penggorengan pertama selama lima belas menit. Kemudian digoreng lagi dengan campuran bumbu rempah yang sudah dihaluskan. “Setelah bumbu tercampur rata, belalang diangkat dan siap untuk dipasarkan,” kata Fatmawati, seperti dikutip dari Pojokpitu.com.

Untuk pemasaran dilakukan dengan on line menggunakan media sosial. Penggunaan teknologi ini terbukti bisa menjual hingga pasar luar jawa seperti Kalimantan, Batam dan Bali.

Harga camilan belalang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Untuk 1 kilogram belalang dibandrol dengan harga Rp 280 ribu, sedangkan kondisi mentah Rp 150 ribu perkilogram.

Dari usaha camilan belalang ini, Fatmawati bisa mendapatkan keuntungan mencapai Rp 3 juta rupiah. Bahkan, cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba untuk merasakan lezatnya camilan belalang ini, tidak ada salah memesan atau datang langsung ke tempat pemilik usaha di Desa Suru, Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto.

(Tb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: