Cara Buat Akun – Login Pendaftaran CPNS dan Formasi SMA

Sketsanews.com – Inilah update info pendaftaran CPNS 2019. Proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) 2019 mulai dibuka, Senin (11/11/2019).

Pendaftaran CPNS dilakukan lewat laman portal https:// sscasn.bkn.go.id/.

sscasnbkngoid-sscnbkngoid-di-pendaftaran-cpns-2019-2-12112019.jpg

Pada pendaftaran CPNS 2019, pelamar hanya dapat memilih satu formasi dan satu jabatan.

Untuk formasi dan persyaratan tiap instansi dapat diperiksa melalui laman resmi ataupun media sosial lain dari masing-masing instansi yang membuka formasi tahun ini.

Lantas, bagaimana tata cara pendaftaran yang harus dilakukan peserta?

Alur pendaftaran seleksi CPNS 2019 dimulai di laman https:// sscasn.bkn.go.id/ dengan validasi data kependudukan.

Berikut alurnya:

1. Pelamar membuka portal SSCASN di https:// sscasn.bkn.go.id

2. Pelamar membuat akun SSCN 2019 menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) atau NIK kepala keluarga.

3. Selanjutnya, login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.

Setelah itu, unggah foto diri memegang KTP dan kartu informasi akun.

4. Pelamar melengkapi biodata.

Pastikan data yang diisikan telah benar.

5. Pelamar memilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan.

Kemudian, lengkapi data yang ada.

6. Unggah sejumlah dokumen persyaratan ke dalam portal SSCASN.

Cek resume dan cetak kartu pendaftaran SSCN 2019.

7. Data pendaftaran akan diverifikasi.

Lalu, daftar peserta yang dinyatakan lolos atau tidak akan diumumkan.

Untuk detail jadwal pelaksanaan maupun perubahan-perubahan yang mungkin terjadi selama proses seleksi CPNS 2019 disampaikan oleh masing-masing instansi.

Detail tersebut dapat dilihat pada akun media sosial resmi maupun laman resmi dari instansi-instansi yang membuka alokasi formasi pada seleksi CPNS 2019.

Sementara, pengumuman kelulusan dari seleksi administrasi didasarkan pada hasil verifikasi dokumen yang telah diunggah ke laman SSCASN.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan oleh panitia melalui laman instansi yang didaftar dan https://sscasn.bkn.go.id/.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi kemudian wajib mencetak kartu peserta ujian dari laman https:// sscasn.bkn.go.id/.

Dalam pelaksanaan pendaftaran CPNS tahun ini, pemerintah memberikan waktu sanggah bagi pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS seleksi administrasi selama 3 hari pasca-pengumuman.

Instansi diberikan waktu maksimal 7 hari untuk memberikan jawaban sanggahan tersebut.

Formasi untuk Lulusan SMA dan SMK 

Pada pendaftaran CPNS 2019, bagi yang hanya memegang ijazah SMA atau SMK sederajat, bisa ikut mendaftar CPNS karena ada formasi untuk lulusan SMA dan SMK.

Setidaknya ada 3 kementerian atau lembaga negara yang memanggil lulusan SMA dan SMK mendaftar.

1. Kemenkumham

Kementerian Hukum dan HAM memberi kesempatan bagi para lulusan SMA atau sederajat ikut dalam proses pendaftaran CPNS 2019.

Ada 3.532 formasi untuk lulusan SMA dan SMK.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.875 akan diterima sebagai sipir atau penjaga tahanan dan 675 akan akan diterima sebagai pemeriksa keimigrasian pelaksana/pemula.

2. Kementan

Kementerian Pertanian RI ( Kementan ) memberi porsi kepada lulusan SMK untuk mengisi kursi pada jabatan fungsional dan pelaksana.

Untuk jabatan fungsional pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan ada 26 kursi, pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner ada 9 kursi, pelaksana pemula/pemula-pengawas benih tanaman ada 2 kursi, pelaksana pemula/pemula-pengawas mutu pakan ada 5 kursi, pelaksana pemula/pemula-pengendali organisme pengganggu tumbuhan ada 1 kursi.

Untuk jabatan pelaksana pemelihara kebun ada 2 kursi.

3. BIN

Badan Intelijen Negara ( BIN ) merima 200 lulusan SMA atau sederajat menjadi CPNS untuk mengisi posisi pranata komputer pelaksana pemula pada Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.(*)

Sumber : Tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: