Cara Mengusir Cicak dari Rumah yang Alami, Paling Ampuh dan Efektif

Sketsanews.com -Cara mengusir cicak dari rumah. Cicak adalah hewan reptil kecil yang merayap di rumah kita atau pohon. Biasanya memiliki warna abu-abu, ada pula yang coklat kehitaman. Bentuknya yang kenyal-kenyal selalu pandai membuat bulu kuduk merinding membayangkannya jatuh di badan kita.

Kata cicak atau cecak berasal dari suara hewan ini, ‘cak, cak, cak’. Dapat dikatakan sebagai onomatope, yaitu penamaan sebagaimana bunyinya. Cicak masih sebangsa dengan tokek dan kadal, tergolong dalam suku Gekkonidae.

“Dikisahkan oleh Sa’ad bin Abi Waqqash ra., bahwa Nabi SAW memerintahkan (umatnya) untuk membunuh cicak, dan beliau menyebut (cicak) sebagai hewan fasiq (pengganggu).” HR. Muslim.

Sebelum berlanjut pada cara mengusir cicak, ada baiknya kita memahami sejenak bahaya cicak bagi kesehatan yang merdeka.com rangkum dari berbagai sumber:

 

Bahaya Cicak Bagi Kesehatan

Gangguan Pencernaan

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam tubuh cicak terdapat bakteri Escherichia Coli atau E.Coli, yang terkenal sebagai penyebab utama sakit perut dan mengganggu sistem pencernaan.

Bakteri Salmonella

Dalam kotoran cicak terdeteksi kandungan bakteri salmonella. Apabila masuk ke dalam tubuh manusia, bisa menyebabkan diare, demam, dan kejang di bagian perut.

Pada kulit, kotoran, dan air liur cicak semuanya mengandung bakteri yang mengundang bahaya.Oleh sebab itu kita selalu dianjurkan untuk menutup makanan dan minuman supaya aman dari cicak yang jatuh maupun kotorannya.

___

Cara Mengusir Cicak dari Rumah

Cangkang Telur

 /></p> <p_blank

Setelah Anda selesai memasak telur, pastikan untuk segera memanfaatkan cangkangnya. Cicak tidak menyukai bau amis telur yang menyengat. Cara menggunakannya mudah, berikut langkah singkatnya,

Pertama, tumbuk cangkang telur menjadi serpihan-serpihan kecil. Tidak perlu dicuci, supaya bau amis telurnya bertahan
Kemudian masukkan serpihan tadi ke dalam kantong plastik yang dilubangi atau dengan kain perca.
Terakhir, gantungkanlan di dekat jendela atau ventilasi tempat cicak sering masuk. Supaya tidak berani masuk lagi ke rumah Anda.

 

Peliharalah Kucing

Cara mengusir cicak dari rumah yang kedua ialah dengan memelihara kucing. Selain menambah kecerian suasana rumah, kucing bisa diandalkan sebagai pemburu yang baik. Cicak dan kecoa sering dijadikan sebagai mangsa yang disukainya.

 

Gunakanlah Tembakau

Cara mengusir cicak dengan bahan alami selanjutnya menggunakan tembakau. Bau tembakau yang menyengat tidak disukai oleh cicak, caranya sebagai berikut

  • Pertama, masukkan tembakau ke dalam plastik.
  • Kemudian ikat dengan karet dan diberi lubang untuk mengeluarkan aromanya.
  • Cara lain, Anda bisa menggunakan essensial oil aroma tembakau.
  • Campurkan dengan sedikit air, kemudian gunakan untuk mengelap meja dan beberapa daerah yang rawan cicak.

 

Gunakan Racikan Bawang Putih, Bawang Merah, dan Merica

Ketiga bumbu yang disebutkan diatas pasti mudah ditemukan di dapur Anda bukan? Cara mengusir cicak dari rumah dengan bahan alami, langkahnya yankni,

  • Haluskan bawang putih, bawang merah, dan lada menggunakan blender supaya lebih halus sempurna.
  • Kemudian campurkan racikan bumbu Anda dengan air, lalu masukkan dalam botol spray.
  • Semprotkan cairan ke daerah yang sering ditempati oleh cicak.
  • Pembasmi cicak alami buatan Anda siap digunakan.

 

Mengusir Serangga dan Nyamuk

Serangga dan nyamuk merupakan makanan utama bagi cicak. Mereka suka nongkrong di dekat lampu di malam hari, karena disitu banyak serangga beterbangan. Jagalah kebersihan rumah Anda dari serangga dan nyamuk, supaya cicak kurang berminat datang.

Rajin Membersihkan Kolong

Cara mengusir cicak dari rumah selanjutnya, ialah Anda harus rajin membersihkan kolong kasur, meja, dan tempat sempit-gelap lainnya yang sering digunakan cicak berburu. Bagian celah-celah dalam rumah biasanya menjadi tempat strategis bagi nyamuk bersembunyi.

Bila Anda rajin membersihkan kolong dari kotoran dan sarang laba-laba, dijamin cicak akan susah mendapatkan makanan dan malas ke rumah Anda.

 

Menutup Jalan Masuk Cicak

Supaya cicak tidak mudah masuk ke dalam rumah, Anda bisa menutup ventilasi menggunakan kawat nyamuk. Menutup jalan masuknya cicak, akan meminimalisir jumlah cicak yang datang lagi dan lagi.

Menutup celah kecil di antara pintu dan jendela, Anda dapat menggunakan double tape khusus untuk menjebak cicak. Jika sudah tertangkap, ambil dan buang jauh tanpa harus membunuhnya.

 

Cicak Tidak Suka Dingin

Cara mengusir cicak dari rumah dengan alami yang terakhir ialah membuat cicak merasa dingin. Sebagai hewan berdarah panas, cicak tidak suka dengan dingin. Cara pertama dengan memasang AC, supaya suhu di rumah lebih dingin.

Bagi Anda yang merasa kerepotan bila harus membeli AC dahulu, bisa menggunakan air dingin. Semprotkan menggunakan spray berisi air es dingin ke arah cicak. Dijamin cicak akan mudah kalah, dan tidak mau berkunjung ke rumah Anda lagi.

Itulah beberapa cara mengusir cicak dari rumah yang alami, paling ampuh dan efektif untuk Anda praktikan di rumah. selamat mencoba dan semoga berhasil.

[kur]

Sumber : merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: