[Cek Fakta] Hoaks Pasien BPJS Dirawat di Gerbang Tol

[Cek Fakta] Hoaks Pasien BPJS Dirawat di Gerbang Tol. Foto : istimewa

[Cek Fakta] Hoaks Pasien BPJS Dirawat di Gerbang Tol. Foto : istimewa
Sketsanews.com, Jakarta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sedang ramai diperbincangkan. Sebabnya, sejumlah rumah sakit memutuskan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Di tengah isu pemutusan hubungan kerjasama dengan sejumlah Rumah Sakit, beredar pengumuman yang menyatakan ruang rawat inap bagi peserta BPJS Kesehatan dipindah ke gerbang tol. Pasalnya dana iuran para peserta kabarnya dipakai untuk tol.

Misalnya saja seperti yang diunggah oleh akun facebook Faizt Choerul Umam. Akun ini mengunggah sebuah gambar seorang wanita yang tengah menunjukan papan pengumuman. Di dalam papan pengumuman itu tertulis kalimat ‘MA’AF KHUSUS PASIEN BPJS PESERTA BPJS RUANG RAWAT INAP DIPINDAHKAN KE GERBANG TOL KARENA UANG IURAN ANDA DIPERGUNAKAN DISANA’.

“Wkwkwkwk,” tulis Faizt Choerul Umam.

Konten ini sudah 1.557 kali dibagikan dan mendapat 47 komentar dari warganet sejak diunggah pada Senin 7 Januari 2019 lalu.

Fakta

Setelah ditelusuri, ternyata kabar tersebut tidak benar. Gambar yang menampilkan pengumuman itu sudah mengalami proses penyuntingan.

Foto ini sudah beredar sejak 2016 lalu. Misalnya saja dalam sebuah berita arah.com dengan judul ‘Legislator: Pasien BPJS Tidak Boleh Dikenakan Biaya’. Foto yang ada di dalam berita itu sama dengan yang viral di media sosial. Hanya saja, foto aslinya menampilkan replika kartu BPJS Kesehatan.

Klarifikasi juga disampaikan Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Maruf. Ia mengatakan bahwa gambar yang viral di medsos dan menyebut peserta BPJS dipindah ke Gerbang Tol adalah tidak benar atau hoaks.

“Jadi tidak benar sama sekali karena sangat tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Kerja sama kita dengan rumah sakit masih jalan, tidak ada isu soal jaminan kesehatan,” kata Iqbal saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Iqbal juga mengatakan bahwa gambar tersebut merupakan hasil editan. “Foto itu memang foto mantan Direktur BPJS Kesehatan. Tulisannya sudah dimodifikasi,” tambah dia.

Gambar viral yang menyebut bahwa pasien peserta BPJS dipindah ke Gerbang Tol adalah salah.

Gambar itu telah disunting dengan menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. (As)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: