Cetak 400 Gol, Messi Torehkan Sejarah La Liga Spanyol

Lionel Messi, menjadi pemain La Liga Spanyol pertama, yang berhasil mencetak 400 gol. Foto/Ist.

Lionel Messi, menjadi pemain La Liga Spanyol pertama, yang berhasil mencetak 400 gol. Foto/Ist.

Direktur SSC Mochtar W. Oetomo memaparkan publik perlu narasi membangun dan butuh gagasan visi dan misi dari masing-masing paslon capres-cawapres.Foto/Dok
Lionel Messi, menjadi pemain La Liga Spanyol pertama, yang berhasil mencetak 400 gol. Foto/Ist.

Sketsanews.com, Barcelona – Bukan sekedar kemenangan 3-0 atas Eibar di Camp Nou. Penyerang Barcelona, Lionel Messi mampu mencetak satu golnya dipertandingan itu, dan menorehkan sejarah.

Ya, pemain asal Argentina ini menuai pujian, karena masuk buku sejarah sebagai pemain pertama yang mencetak 400 gol di La Liga Spanyol.

Kekalahan 1-2 dari Levante pada leg pertama babak 16 besar Copa del Rey, Jumat (11/1/2019), sepertinya tidak meruntuhkan mental Barcelona. Terbukti, El Azulgrana tampil trengginas saat menjamu Eibar, Senin (14/1/2019).

Tuan rumah memaksa Eibar bertekuk lutut lewat duet mautnya, Luis Suarez dan Messi. El Pistolero menjadi kunci kemenangan Barcelona lantaran menyumbang dua gol (19, 59) dan satu assist. Penyerang asal Uruguay itu yang membantu La Pulga menjebol gawang tim tamu pada menit ke-53.

“Ini pertandingan yang cukup sulit karena Eibar menekan kami. Mereka pandai melakukan ini. Tapi, gol yang lahir membantu kami untuk mulai mendominasi. Perburuan gelar? Masih panjang jalan yang harus dilalui,” ucap pelatih Barcelona Ernesto Valverde, dilansir Skysport.

Apa yang diperlihatkan Suarez dan Messi semakin mengukuhkan bahwa mereka sangat mematikan. Terbukti, pasangan Amerika Latin itu masuk daftar top skor sementara Primera Liga musim ini. Messi berada di puncak dengan 17 gol, sedangkan Suarez di bawahnya dengan 14 gol.

Jika dijumlah, Suarez dan Messi telah menyumbang 31 gol dari 53 gol yang dibukukan Barcelona di kompetisi domestik sejauh ini. Itu lebih banyak dari produktivitas 17 klub Primera Liga lainnya. Torehan 31 gol keduanya menyamai koleksi Sevilla dan Celta de Vigo.

Pencapaian Messi dan Suarez juga setara dengan beberapa klub besar Eropa lainnya seperti Inter Milan (31 gol), Olympique de Marseille, dan Lille OSC. Bahkan, lebih tinggi dari Lazio (28 gol) dan AC Milan (26 gol). Keduanya hampir menyamai torehan AS Roma (34 gol) dan Bayern Muenchen (36 gol).

Ini bisa terjadi karena mereka senang membuat kiper lawan menangis. Terbukti, nama Messi terus terpampang di papan skor selama lima pertandingan Primera Liga secara beruntun. Sementara Suarez bisa mencetak gol di empat dari lima penampilan terakhir di kompetisi domestik.

Karena ini pula nama Messi ikut abadi. Penyerang berusia 31 tahun itu sekarang telah mendulang 400 gol di Primera Liga. Dia menjadi pemain pertama di ranah Spanyol yang mampu melakukannya. Itu terkumpul dari 435 laga selama 15 musim atau sejak 2004/2005.

Namun, Messi menjadi pemain kedua di kompetisi besar Eropa yang bisa mengemas 400 gol setelah Cristiano Ronaldo. CR7 sejauh ini sudah membukukan 409 gol selama meramaikan Liga Primer (84 gol), Primera Liga (311 gol), dan Seri A (14 gol).

“Jumlah gol yang dibukukan Messi sangat mengagumkan. Itu begitu luar biasa. Bukan hanya gol yang dicetaknya, juga apa yang diciptakannya. Dia merasa dari galaksi yang berbeda,” ucap mantan pelatih Athletic Bilbao itu.

Karena itu, Valverde menyanjung anggota lini depan. Menurutnya, keberhasilan Messi dan Suarez merusak pertahanan Eibar yang tergolong rapat merupakan hal yang luar biasa. Pasalnya, tiga laga sebelum duel itu, pasukan Jose Mendilibar tidak pernah kebobolan lebih dari satu gol. Bahkan, mampu menahan Villarreal 0-0.

“Mereka menutup ruang dengan cukup baik. Mulai menit pertama hingga terakhir. Mereka merupakan tim terbaik ketika melakukan taktik seperti itu. Hal tersulit adalah mengirim bola kepada penyerang kami,” tutur Valverde.

Valverde semakin senang karena berkat jasa Messi dan Suarez, Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen sementara Primera Liga. Mereka mengoleksi 43 poin, unggul lima poin dari Atletico Madrid.

Namun, selisih Barcelona dengan Real Madrid tidak berubah, tetap 10 poin. Los Blancos berhasil menyudahi rentetan dua laga Primera Liga tanpa kemenangan dengan menundukkan Real Betis 2-1 di Estadio Benito Villamarin. Tim asuhan Santiago Solari itu kembali tersenyum berkat gol Luka Modric (13) dan Dani Ceballos (88) yang hanya dibalas Canales (67). (wal)

Sumber: Sindonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: