Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Ciptakan Makanan Pakai Mesin Printer

Ciptakan Makanan Pakai Mesin Printer

Sketsanews.com – Kini, masak enggak perlu repot lagi, karena ada mesin pencetak makanan 3 dimensi! Diberi nama BeeHex, mesin ini diciptakan atas pendanaan oleh NASA agar para astronautnya enggak kelaparan saat menjalankan misi ke Mars.

makanan

Meski dibuat untuk para astronaut, tapi sekarang mesin ini tak lagi berada di kapal luar angkasa, lho! Tempat-tempat wisata menyediakannya untuk membuat pizza.

Pada 2013, Anjan Contractor, seorang pengusaha dan insinyur, menerima US$125 ribu dari NASA untuk membuat prototipe mesin pencetak makanan 3D. Hal itu berada di bawah program Small Business Innovation Research.

Alat ini diharapkan dapat membantu menghemat ruang dan perlengkapan, sekaligus menjaga astronaut tetap sehat dan puas selama misi jangka panjang.

Contractor menjelaskan, perjalanan misi jangka panjang dapat memakan waktu hingga 15 tahun lebih. Maka bahan makanan dibuat dalam bentuk bubuk.

Semua bahan, mulai dari karbohidrat, protein, dan nutrisi makro dan mikro dihilangkan kandungan airnya dan mengubahnya menjadi bubuk. Bahan ini akan awet hingga 30 tahun.

Namun NASA menghentikan support terhadap proyek ini karena terjadi pemotongan anggaran. Setelah berhentinya dukungan NASA, mesin ini mulai dijual secara komersil.

BeeHex memberikan pernyataan bahwa pihaknya kini menggunakan robot untuk membuat pizza dalam kualitas bagus dari bahan terbaik. Pizza buatan BeeHex dibuat oleh robot yang bersih.

“Pizza ini tidak hanya menarik secara tampilan, namun juga cita rasa lezat dan membuat para koki, pekerja restoran, pengelola taman bermain, dan beberapa merek makanan mengalami kehebohan,” tulisnya.

Ini bisa menjadi contoh bahwa proyek untuk luar angkasa bisa digunakan secara komersil dalam kehidupan sebenarnya

(Ro/CNN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: