Sketsa News
Home Berita Terkini, Citizen-Jurnalism Cek Fakta : Betulkah Pak Jokowi yang bangun Jalan Tol Pertama di Kalimantan ?

Cek Fakta : Betulkah Pak Jokowi yang bangun Jalan Tol Pertama di Kalimantan ?

Sketsanews.com – Fakta-fakta berikut, dengan catatan penegasan bahwa penulis pada posisi TIDAK MENCELA / MENGECAM Pak Jokowi pribadi, melainkan hanya memberikan fakta untuk kita bisa berpikir arif tentang Kebijakan Pembangunan Pemerintahan sekarang ini.

1]. Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sudah dimulai sejak jaman Pak SBY, dengan peresmian awal pembangunan proyek pada tanggal 12 Januari 2011, oleh Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak

 

2]. Pernyataan Pak Jokowi dalam Pidato Kunjungan bahwa Proyek ini dimulai Tahun 2010 DAN TAPI BERHENTI adalah KURANG TEPAT !

cek link pidato : //www.youtube.com/watch?v=cF92V_YKbqs

FAKTA MENUNJUKKAN bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah selesai menggarap pembangunan seksi I dan pada akhir Pemerintahan Pak SBY, Pak Chairul Tanjung meresmikan kembali pelaksanaan pembangunan lanjutan jalan tol Balikpapan-Samarinda untuk Seksi 2.

SEKALI LAGI, bahwa pembangunan Jalan Tol Pertama di Kalimantan ini mengalami ketersendatan ADALAH IYA ! disamping soal anggaran, juga soal pembebasan tanah. NAMUN menyatakan bahwa Proyek Itu Berhenti adalah tidak benar ! sama halnya dengan Proyek KA Cepat Jakarta – Bandung yang banyak mengalami kendala hingga tersendat-sendat, begitulan Jalan Tol Samarinda – Balikpapan ini.

3]. Jalan Tol ini sempat diprotes keras oleh Aktivis Lingkungan Hidup, karena Mengorbankan Dua Kawasan Konservasi Rakyat yaitu Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Soeharto dan Hutan Lindung Sungai Manggar (HLSM)

 

4]. DAN TAHUKAH ANDA ??? bahwa pada akhirnya Pembangunan Jalan Tol ini DILANJUTKAN DENGAN Uang Pinjaman dari China sebesar 90 % dari Nilai Proyek yang berkisar Rp 848, 5 Miliar

DAN OLEH KARENANYA PULA, pengerjaannya -pun dilakukan oleh Kontraktor China ! (walau pastinya ada mitra lokal). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, alasan pemilihan kontraktor asal China lantaran China menyiapkan seluruh pengerjaan proyek sekira 90 persen. Kepada salah seorang wartawan China dia menjelaskan, China dipilih lantaran mereka lah yang memberikan pinjaman.

“Because we have loan from China. It’s not up to me for decide. What do you expect me to answer?,” tutur Basuki kepada salah satu wartawan China, di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (23/9/2015)

Proyek ini dikerjakan oleh Beijing Urban Construction Group Ltd yang bekerjasama dgn PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP).

Cina Diminta Segera Bangun Jalan Tol Pertama di Kalimantan

//katadata.co.id/…/cina-diminta-segera-bangun-jalan-to…

===> “Uang Pinjaman China —> Kontraktor China —> (ada) Tenaga Kerja China” ===> ARTINYA : dari China dan Kembali Lagi ke China !

lagian, Ngomong-ngomong…. Penghematan lebih dari Rp 200 triliun,yang bersumber dari pencabutan subsidi Premium dan Solar, ke mana ya ?

//finance.detik.com/…/pemerintahan-jokowi-hemat-angga…

KESIMPULAN : untuk status ini, saya Tara “tidak berani” menyimpulkan apa-apa  ( dan seperti yg sudah saya tegaskan di awal, saya juga tidak bermaksud mencela / mengecam Pak Jokowi ) TAPI saya ingin sedikit “mengigatkan” Pendukung Pak Jokowi untuk agar agar tidak kebablasan dalam memberi sanjungan. Pembangunan Berbasis Hutang adalah BUKAN PRESTASI LUAR BIASA. Karena akibatnya adalah rakyat juga yang digenjot pajak nya untuk bayar hutang.

baca ini —> Rizal Ramli : SMI Genjot Pajak Untuk Uber Setoran Utang
//ekbis.rmol.co/…/Rizal-Ramli:-SMI-Genjot-Pajak-Untuk-…

di sisi lain….

DI SISI LAIN : merujuk kepada pernyataan Sultan HB X, bahwa Jalan Tol pada dasarnya tidak begitu signifikan menguntungkan rakyat lokal. “Saya tidak setuju adanya jalan tol karena rakyat tidak akan mendapatkan apa-apa, diperlebar silakan tetapi jangan ditol. Tol sing untung ming (menguntungkan) yang membuat tol, tetapi rakyat di sekelilingnya (tak dapat apa-apa) karena jalan ditutup,” ucap Sri Sultan HB X.

Sultan HB X Tolak Pembangunan Jalan Tol di Yogyakarta
//regional.kompas.com/…/sultan-hb-x-tolak-pembangunan-…
//tirto.id/sultan-beberkan-alasan-tolak-bangun-tol-di…

 

by Tara Palasara

(in)

%d blogger menyukai ini: