Sketsa News
Home Berita Terkini, Citizen-Jurnalism Kebangkitan Umat Islam di Turki

Kebangkitan Umat Islam di Turki

Sketsanews.com – Beberapa waktu belakangan, redaksi kami kedatangan kepala Desk pemberitaan Turki dari Ankara. Beliau adalah orang yang ahli dalam politik Turki dan menjelaskan bagaimana situasi mutakhir di Turki saat ini.

Foto: Pertemuan Presiden Erdogan dengan Syekh Khalid Misyal dan Ismail Haniya dari Palestina | Foto : Pizaro

Salah satu yang membuat saya haru adalah bagaimana semangat kaum muslimin untuk bangkit begitu tinggi di Turki meski sekukarisme telah bercokol begitu lama di Turki. Menurutnya, sekularisme dimasukkan ke dalam Turki untuk menjauhkan Turki dari Islam.

Namun aspirasi masyarakat untuk kembali ke Islam justru banyak muncul di daerah-daerah. Alhamdulillah, kini hijab pun sudah mulai menjalar di institusi pemerintahan dan publik, bahkan kini militer dan kepolisian tidak lagi melarang hijab bagi anggota muslimahnya. Bahkan jenderal-jenderal di aparat pemerintahan sudah diperbolehkan menyolatkan jenazah pasukannya yang tewas terbunuh.

Turki pun menjadi negara berpenduduk muslim yang maju secara ekonomi. Kepedulian mereka terhadap dunia Islam juga sangat tinggi. Kini ada sekitar 4 juta pengungsi yang ditampung di Turki.

Pemerintah Turki juga turut membantu saudara-sadauranya di Gaza, Suriah, Rohingya, dll. Bahkan dunia kemanusiaan menjadi concern bagi pemerintah.

Perkembangan Turki yang pesat di Eropa membuat banyak negara barat tidak senang. Mereka khawatir Turki kembali ke zaman Ottoman. Oleh karena itu, banyak negara-negara barat memfasilitasi para pendukung kudeta Turki di negara-negaranya.

Upaya kudeta dimainkan agar pemerintahan Turki yang aspiratif terhadap Islam goyah. Tapi alhamdulillah rencana tersebut justru digagalkan oleh masyarakat Turki itu sendiri sebagai kecintaan mereka kepada pemimpinnya.

by Pizaro

(in)

%d blogger menyukai ini: