Sketsa News
Home Berita Terkini, Citizen-Jurnalism, Foto Telusur : Lukisan DN Aidit Gembong PKI, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Telusur : Lukisan DN Aidit Gembong PKI, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Sketsanews.com – Meski terlihat kecil, Netizen yang jeli memviralkan DN Aidit, Salah satu gembong PKI yang ada si foto  di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Penelusuran Sketsanews.com, akun twitter @Big_Days, Hidayat Adhiningrat salah satu karyawan Gatra lewat ciutan pribadinya mempertanyakan gambar tokoh Dipa Nusantara Aidit, Ketua Umum Partai Komunis Indonesia (PKI) yang terselip kecil.

Dalam Foto tersebut terlihat jelas ada foto tokoh pemberontak Partai Komunis Indonesia (PKI) Aidit yang diapit foto pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari dan presiden keempat RI Gus Dur.

Foto via Hidayat Adhiningrat @Big_Days

Merujuk pada foto pembanding yang dipublikasikan @wahyuandre, Wahyu Andre mengunggah foto dari bukunya D.N. Aidit, “Lukisan di Terminal 3 New Soekarno Hatta, Jelas adalah DN Aidit !! Perhatikan ini”

Lukisan di Terminal 3 New Soekarno Hatta, Jelas adalah DN Aidit !! Perhatikan ini | Wahyu Andre ‏@wahyuandre

“Lukisannya sudah diturunkan untuk sementara ini, karena menimbulkan polemik di media sosial. Kami turunkan sementara sambil menunggu kabar dari kurator untuk menjelaskan tentang lukisan tersebut,” kata Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo kepada Kompas.com.

Lukisan yang dimaksud adalah Seri Ilusi # The Indonesia Idea (.ID) karya seniman Galam Zulkifli. Lukisan tersebut menampilkan ratusan figur tokoh yang pernah menoreh sejarah perjalanan panjang bangsa Indonesia, mulai dari sebelum sampai setelah kemerdekaan.

galam-zulkifli
Foto Galam Zulkifli | arsipgaleri

Mengutip dari Arsip Galeri Nasional, Galam Zulkifli lahir di Sumbawa, 14 Januari 1971. Ia menempuh pendidikan seni rupa di IKIP, Yogyakarta. Karyanya pernah terpilih sebagai salah satu dari 5 karya terbaik dalam kompetisi Indonesian Art Awrads, 1998. Yang terbaru, lukisannya yang berjudul Teater Pembebasan (2003) terpilih menjadi salah satu karya yang mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN Art Awards 2004.

Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil mengatakan, jika benar foto itu adalah foto Aidit tokoh PKI maka sangat melecehkan negara dan organisasi Muhammadiyah dan NU.

“PKI itu jelas makar yang ingin mengubah Pancasila dan negara Indonesia menjadi negara komunis,” katanya, Jumat (12/8), mengutip dari Republika.

Makanya ia meminta otoritas Bandara Soekarno-Hatta segera mengganti foto tersebut. “Saya juga meminta Polres Bandara Soekarno-Hatta mengusut siapa pihak yang bertanggungjawab sehingga ada foto Aidit yang disandingkan dengan tokoh-tokoh besar Indonesia tersebut,” katanya.

(in)

%d blogger menyukai ini: