Danlanud Abdulrachman Saleh Buka Apel Pesiapan Latihan Manuver Angkasa Yudha 2019

(Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat memeriksa personel dalam apel persiapan Latihan Manuver Angkasa Yudha 2019 di Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Senin, 15/7/2019. (Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Sketsanews.com, Malang – Komandan Pangkalan Udara TNI AU (Lanud) Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat resmi membuka Apel Persiapan Latihan Manuver Angkasa Yudha 2019, Senin, 15/7/2019. Kegiatan yang dilaksanakan di Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh itu juga dihadiri oleh Kadispen AU, para pejabat Penilai dari unsur TNI AU, Kadis Ops, Kadis Log Lanud Abdulrachman Saleh.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dalam sambutan yang dibacakan Danlanud Abdulrachman Saleh mengatakan, bahwa Latihan Manuver Angkasa Yudha merupakan kulminasi latihan TNI Angkatan Udara, sebagai akumulasi dari berbagai Iatihan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan.

“Serta merupakan refleksi hasil pembinaan yang telah dilakukan dari unsur intelijen, operasi, personel, logistik, unsur komlek serta unsur-unsur lainnya yang menjadi kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Udara,” katanya.

Latihan Angkasa Yudha ini bertujuan untuk menguji tingkat kesiapan operasional satuan-satuan di jajaran TNI AU mulai dari Kotama Operasi hingga satuan setingkat pangkalan udara dengan berbagai unsur kekuatannya.

Rencananya puncak Latihan Angkasa Yudha akan dilaksanakan pada 24 Juli 2019 Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur, serta akan disaksikan langsung oleh Panglima TNI.

(Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Apel persiapan Latihan Angkasa Yudha tersebut terbagi dalam dua lokasi yakni Lanud Abdulrachman Saleh untuk jenis pesawat angkut, serta Lanud Iswahjudi, Kabupaten Magetan, untuk jenis pesawat tempur.

Adapun jumlah personel yang dilibatkan dalam apel yang dilaksanakan di Lanud Abdulrachman Saleh sebanyak 1500 personel TNI AU.

Dikatakan, bahwa Latihan Angkasa Yudha juga merupakan wujud akuntabilitas institusi TNI Angkatan Udara kepada masyarakat Indonesia, dimana pertanggungjawaban terhadap uang rakyat yang sudah diberikan oleh negara.

“Semua akan kita kembalikan dalam wujud unjuk kekuatan dan kemampuan sebagai bentuk profesionalisme dan kesiapan TNI Angkatan Udara dalam menjalankan fungsinya sebagai penangkal, penindak, serta pemulih dalam mengawal kedaulatan, keutuhan serta keselamatan Negara Republik Indonesia,” imbuhnya.

(Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Kepada seluruh personel KASAU berpesan bahwa selama proses latihan berlangsung agar selalu menempatkan isu keamanan dan keselamatan sebagai aspek pertimbangan utama dalam melaksanakan setiap kegiatan.

“Laksanakan Iatihan dengan kesungguhan, penuh semangat serta rasa kebanggaan yang tinggi. Kalian adalah pelaku sejarah, dimana ini adalah untuk pertama kalinya Latihan puncak TNI Angkatan Udara dilaksanakan secara komprehensif dan terpadu,” kata KASAU dalam sambutan yang dibacakan Danlanud Abdulrachman Saleh, Senin, 15/7/2019.

Selain itu, kepada seluruh personel juga diperintahkan untuk memelihara realisme latihan sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis dan kemajuan teknologi. Selain itu agar bisa memanfaatkan latihan sebagai peluang untuk merevisi dan menyempurnakan Doktrin Operasi Udara.

KASAU juga berpesan untuk menemukan dan inventarisir berbagai permasalahan yang muncul selama latihan dan dokumentasikan seluruh kegiatan, agar dapat menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran pada kegiatan latihan yang akan datang. (Lis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: