DBD Pasuruan Sudah Tingkat Memprihatinkan

Foto: Istimewa

Sketsanews.com, Pasuruan – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Pasuruan memprihatinkan. Pasalnya, selama satu bulan, 6 orang dari 1 desa terserang penyakit yang disebabkan nyamuk aegypti. Rencananya pihak Dinas Kesehatan akan melakukan pencegahan akbar di kantong-kantong nyamuk demam berdarah.

Kasus demam berdarah di wilayah kabupaten pasuruan, mulai mewabah. Salah satu desa terparah yakni di Desa Nguling Kecamatan Nguling. Dalam sebulan saja, ada 6 orang terjangkit demam berdarah, yang menyerang rata-rata anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Beruntung kasus DBD ini segera diketahui setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium dengan hasil menurunnya trombosit darah.
Bahkan, pasien demam berdarah di puskesmas nguling hingga penuh dan harus dirujuk ke rumah sakit.

Dr Indah Dewi, dokter jaga puskesma, menjelaskan, gejala awal demam berdarah dengan ditandai demam, panas disertai muntah, lemas serta keluar bintik-bintik bila pasien parah, beruntung tak sampai memakan korban jiwa.

Selain 6 orang yang sudah dinyatakan positif, sejumlah pasien di puskesmas saat ini menunggu hasil uji laboratorium. Pasalnya, mereka mengeluhkan gejal-gejala diduga DBD.

Rencananya pihak Dinas Kesehatan akan melakukan pembasmian secara massal, untuk menindaklanjuti banyaknya pasien terjangkit demam berdarah,” imbuhanya, seperti yang di kutip dari pojokpitu.com.

Diharapkan masyarakat juga berpartisipasi dengan melakukan 3 M, yaitu menutup, menguras dan mengubur.  (Air)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: