Desain Pesawat Unik untuk Diterbangkan di Mars

Sketsanews.com – Airbus berkontribusi mengembangkan desain pesawat yang menurut mereka dapat diterbangkan di Mars. Dalam sebuah video, perusahaan mengumumkan proyek pesawat terbang dengan nama Perlan 2.

Dilansir okezone, jum’at (11/3/2016), Mars memiliki atmosfer yang tipis. Oleh karena itu, Airbus melalui Perlan 2 didesain untuk mengatasi problem yang berkaitan dengan atmosfer. Pesawat itu juga dapat naik ke stratosfer Bumi di ketinggian 90 ribu kaki.

(Foto: Theregister)
(Foto: Theregister)

Perlan 2 juga dapat mendukung penelitian pada ketinggian tersebut. Pesawat itu bisa naik sampai ketinggian 90 ribu kaki dengan dukungan sayap yang panjang serta bobot tubuh yang diklaim ringan untuk ukuran pesawat terbang.

Perlan generasi pertama mencapai 50 ribu kaki, yang diterbangkan pada 2010. Perusahaan kini menguji Perlan 2 yang rencananya diterbangkan menuju langit Argentina.

Untuk diterbangkan ke Mars, tampaknya Perlan masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut. Seperti diketahui, Mars memiliki tekanan atmosfer yang lebih rendah dibandingan stratosfer.

Airbus berpikir bahwa Perlan yang dapat mencapai stratosfer Bumi setidaknya menyediakan konsep untuk dapat dioperasikan di Planet Merah. (An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: