Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hankam, Headlines, News Desk Siber Menko Polhukam akan Bersinergi dengan BSSN

Desk Siber Menko Polhukam akan Bersinergi dengan BSSN

BSSN (Badan Siber Sandi Negara)

Sketsanews.com, Jakarta – Menko Polhukam Wiranto mengatakan Desk Siber yang selama ini menangani permasalahan keamanan siber akan bersinergi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Seluruh hasil kerja Desk Siber akan diserahkan ke BSSN.

Sebelum BSSN dibentuk, seluruh permasalahan keamanan siber dikelola oleh Desk Siber Menko Polhukam. Desk Siber Menko Polhukam pun telah memberikan beberapa hasil seperti melakukan kerjasama bilateral dengan beberapa ahli teknologi.

“Sekarang ada BSSN, maka apa yang telah dihasilkan oleh Desk Siber Polhukam, melakukan kerjasama bilateral apakah ahli teknologi apakah perncanaan-perencanaan kerjasama, ke depan itu sudah ada di desk siber,” ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2018).

“Kerjasama itu akan kita serahkan sepenuhnya kepada BSSN untuk di tindak lanjuti, sehingga demikian maka ada kesinambungan luar negeri dan kesinambungan konsep,” imbuh Wiranto.

Wiranto menuturkan Desk Siber Polhukam akan bersinergi dengan BSSN untuk memberantas siber attack dengan bersinergi dengan Badan Siber di seluruh Indonesia. Dia juga mengatakan BSSN sebagai ‘payung’ Badan Siber Indonesia.

“Counter attack, jadi siber attack satu hari sekarang 2 juta attack. itu kan berat tapi bisa dilakukan karena fungsi BSSN melakukan satu sinergitas dari Badan Siber di Indonesia apakah itu BIN, Siber Intelejen Polisi, Siber Security atau di TNI juga sudah ada sibernya, semuanya punya sistem siber nah itu nanti payungnya dari BSSN,” turur dia.

Seperti dikutip darin Detik, , untuk menangani serangan Siber saat menjelang Pilkada. Wiranto mengatakan BSSN harus berkoordinasi dengan semua pihak agar terbentuk sistem yang kuat.

“Serangan itu dilakukan oleh berbagai Badan Siber Nasional, kita di sinergikan, dikoordinasikan, oleh BSSN karena semuanya kan harus sinergis kalau kita mendapatkan dari luar, masing-masing kita lemah tali kalau disinergikan kita ada pembagian wilayah kemudian sistem,” jelas dia. (Tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: