Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat, News Deteksi Dini Perbesar Peluang Pengobatan Kanker Hingga 43 Persen

Deteksi Dini Perbesar Peluang Pengobatan Kanker Hingga 43 Persen

Sel kanker

Sketsanews.com, Jakarta – Hal yang wajar jika masyarakat takut mengecek kesehatannya secara rutin apalagi mendeteksi dini penyakit kanker. Padahal kualitas hidup penderita kanker bisa lebih baik jika deteksi dini dilakukan dengan segera. Apalagi bagi sejumlah penyakit kanker seperti kanker paru, kanker payudara, dan kanker serviks.

Deteksi dini kanker sangat bermanfaat. Apabila ditemukan bakal calon kanker pada tubuh, persiapan pengobatan akan semakin mudah. Beda penanganan apabila pasien datang setelah menderita kanker secara akut.

Sayangnya lebih dari separuh pasien kanker ke dokter sudah dalam keadaan stadium lanjut.

“Jika terdeteksi dini, penyakit kanker tersebut dapat diobati dengan presentasi keberhasilan 43 persen,” kata Pakar atau Ahli Kanker RS Siloam Semanggi, Dr. Jeffrey B Tenggara, SpPD, KHOM., dalam keterangan tertulis, Minggu (25/2).

Meskipun kanker dapat diobati, lanjutnya, namun dalam prosesnya membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Sehingga, tak ada salahnya melakukan deteksi dini.

“Satu hal yang harus selalu kami ingatkan adalah lakukan deteksi dini dalam periode yang berkesinambungan. Misalnya pencegahan suntik vaksin untuk cegah kanker serviks dan hepatitis,” papar Jeffrey

Kasubdit Penyakit Kanker dan Kelainan Dalam Kementerian Kesehatan, dr. Niken Wastu Palupi menegaskan pihaknya sejak 2012 telah meluncurkan kampanye CERDIK. Kampanye sederhana ini dilakukan guna mencegah timbulnya gangguan berbagai penyakit dalam, termasuk kanker.

Niken menjelaskan, CERDIK merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.

“Jika CERDIK dijalankan dengan baik, maka dapat mengurangi risiko terkena kanker,” tutup Niken. (Wis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: