Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat, News Dikenal Sehat, Ternyata Ini Kerugian Minum Air Kelapa

Dikenal Sehat, Ternyata Ini Kerugian Minum Air Kelapa

Ilustrasi – foto istimewa

Sketsanews.com, Banten – Sebagai negara tropis, konsumsi air kelapa di Indonesia cukup tinggi. Main ke pantai gak bakal afdol rasanya tanpa seruput kesegaran air kelapa beserta dagingnya.

Meski dikenal sehat dengan berbagai manfaat seperti membantu proses diet, tetapi ternyata air kelapa juga memiliki kerugian terhadap tubuh, lho. Untuk beberapa kondisi, konsumsi air kelapa harus dihindari. Karena dapat berbahaya untuk kesehatan seperti tujuh penjabaran berikut ini, dikutip dari BantenNews.

1. Tidak baik untuk penderita diabetes

Gak ada larangan sih bagi penderita diabetes untuk minum air kelapa, tapi sebaiknya dihindari deh. Sebab, kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan gula darah.

2. Konsumsi air kelapa berlebih sebabkan laksatif

Konsumsi air kelapa dapat menyebabkan efek laksatif, lho. Efek laksatif ini akan membuat pencernaanmu cukup terganggung, bisa sebabkan diare.

3. Tidak baik dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan

Jika kamu berencana melakukan perjalanan jarak jauh, maka hindari konsumsi air kelapa. Kandungan kalsium pada air kelapa dapat menyebabkan kelelahan yang berdampak pada kejang otot.

4. Tidak baik untuk pederita gangguan ginjal

Kamu yang memiliki permasalahan ginjal, demi kestabilan kondisi tubuh sebaiknya tidak meminum air kelapa. Hal ini karena penyariang kalsium dan elektrolit dalam kelapa harus maksimal di dalam tubuh. Jika tidak tersaring dengan baik, dapat mengakibatkan hyperkalemia dalam darah.

5. Tidak baik bagi yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan

Perlu diketahui bahwa buah kelapa masuk dalam penggolongan tree nut. Sehingga bagi penderita alergi terhadap biji-bijian, lebih baik gak minum air kelapa karena dapat menimbulkan gejala alergi kambuh. Gak asik dong, kalau lagi main di pantai tiba-tiba  terganggu alergi.

6. Bukan untuk konsumsi ibu hamil

Meski berkhasiat dan memiliki banyak manfaat, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi air kelapa, terlebih yang usia kehamilannya masih 2-4 pekan. Air kelapa dapat memicu asam lambung yang berdampak pada rasa mual yang berlebihan dan gak sehat buat janin.

7. Menurunkan tekanan darah

Kamu yang menderita tekanan darah rendah atau hipotensi harusnya pantang banyak-banyak minum air kelapa. Peran air kelapa dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Setiap makanan dan minuman pasti punya kelebihan dan kekurangan sih. Jadi kenali dulu kondisi tubuhmu dengan baik sebelum memilih asupan ya. (As)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: