Dimulai Tahun Ini, Kemendikbud Siapkan Bahan Ajar Pendidikan Kebencanaan untuk PAUD

Ilustrasi siswa PAUD (Istimewa)

Ilustrasi siswa PAUD (Istimewa)

Sketsanews.com, Jakarta – Direktur Pembinaan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhammad Hasbi mengatakan, pendidikan kebencanaan untuk jenjang PAUD akan dimulai tahun ini. Sebanyak lima bahan ajar pendidikan kebencanaan telah disiapkan.

“Pendidikan kebencanaan ini akan dimulai tahun ajaran 2019/2020. Lima bahan ajar yang sudah kami siapkan untuk anak-anak PAUD. Sekarang kami sedang melakukan pelatihan terhadap para gurunya dahulu,” ujar Hasbi di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Hasbi merinci, lima bahan ajar tersebut yaitu siaga banjir, siaga longsor, siaga tsunami, siaga gempa bumi, dan siaga gunung meletus.

Ia juga menjelaskan, bahan ajar tersebut merupakan kerja sama Kemendikbud RI dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Selain mempersiapkan bahan ajar, pihaknya juga tengah fokus melatih tenaga pendidiknya agar memiliki kemampuan mengajar pendidikan kebencanaan.

“Pendidikan kebencanaan untuk SD, SMP dan SMA sudah ada, namun yang belum ada untuk jenjang PAUD. Makanya kami segera membuat pendidikan kebencanaan untuk PAUD ini, untuk melengkapi pendidikan kebencanaan yang ada,” tambahnya.

Hasbi mengatakan pendidikan kebencanaan untuk PAUD memerlukan peran orang tua. Alasannya, anak hanya berada empat jam di sekolah dan sisanya di keluarga. Diharapkan orang tua bisa membacakan bahan ajar pendidikan kebencanaan itu pada anaknya.

Dengan demikian, diharapkan bisa menjadi karakter sejak dini, sehingga nantinya ketika terjadi bencana, korban terus menurun.

“Kalau pendidikan kebencanaan itu dimulai sejak usia dini, maka anak-anak (siswa PAUD) itu akan menularkannya kepada teman-temannya, kemudian kepada lingkungannya sehingga secara keseluruhan Indonesia akan memiliki karakter yang tangguh bencana,” pungkas Hasbi. (Ad)

Sumber: Time Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: