Dokter Gamal Luncurkan Aplikasi Kesehatan Inovatif

(Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

 

Gamal Albinsaid luncurkan aplikasi kesehatan. (Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Sketsanews.com, Malang – Dokter inspiratif Gamal Albinsaid tak hentinya menciptakan inovasi di bidang kesehatan. Kali ini inovasi kesehatan yang ia ciptakan adalah lnMed, sebuah aplikasi smartphone yang bertujuan untuk mempermudah pasien memperoleh akses pelayanan kesehatan.

Pada peluncuran perdana ini, InMed memiliki dua buah fitur yang telah siap digunakan yakni MedVisit dan Medtalk. Namun, penggunaan aplikasi ini masih terbatas di Kota Malang saja.

“Bulan Oktober ini masih terbatas untuk Kota Malang, tapi kita akan ekspansi ke Kota-kota lainnya dalam waktu dekat agar masyarakat menjadikan akses kesehatan berada di genggaman tangan”, kata dokter Gamal kepada Sketsanews.com, Selasa, 23/10/2018.

Dijelasakan, MedVisit merupakan fitur bagi pasien untuk memanggil tenaga medis baik itu dokter, perawat, bidan, fisioterapi, ahli gizi atau psikolog ke lokasi pasien tinggal.

“Pasien jadi tidak perlu lagi repot berangkat ke rumah sakit dan mengantri berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Namun, panggilan tenaga medis menggunakan MedVisit tidak diperbolehkan untuk kasus gawat darurat”, terang Gamal.

Ia menambahkan, khusus untuk kasus gawat darurat, make hal yang perlu dilakukan adalah membawa pasien dengan segera ke IGD.

Cara sama seperti memesan driver online. Pertama, kita diminta untuk menginput lokasi pasien berada. Kedua, memilih tenaga medis yang diperlukan oleh pasien, apakah itu dokter, perawat, bidan, fisioterapis, ahli gizi, atau psikolog.

(Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Sistem kemudian akan mencarikan tenaga medis yang paling dekat dengan lokasi pasien tinggal. Total biaya memanggil tenaga medis ke rumah melalui aplikasi MedVisit sangatlah transparan, sehingga pengguna tidak perlu takut adanya biaya tambahan diluar yang ditunjukan oleh aplikasi.

“Setelah tenaga medis datang ke lokasi dan memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien, barulah pembayaran dilakukan”, ujar Dokter muda.

Selain MedVisit, adapula MedTalk yang merupakan fitur bagi pasien untuk berkemunikasi dengan tenaga medis melalui chat, voice call, atau video call. Pasien bisa mengkonsultasikan tentang keluhan atau mengajukan pertanyaan terkait kesehatan kepada para tenaga medis yang ia pilih.

“Dua fitur yang ada ini menjadikan pelayanan kesehatan lebih mudah untuk diakses. Kami berusaha memberikan kemudahan bagi para pasien untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan secara cepat dan memuaskan”, katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM, menyambut baik adanya terobosan baru yang diciptakan oleh dokter muda Gamal Albinsaid.

“Luar biasa. Ini berarti meningkatkan akses dari masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan disetiap waktu. Saya sangat mendukung sekali”, kata Kepala Dinkes Kota Malang, Asih Tri Rachmi. N.
(Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: