Dua Aparat Desa Kutai Timur Kena OTT Saber Pungli, Rp 26 juta Disita

ilustrasi pungli. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

ilustrasi pungli. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Sketsanews.com, Samarinda  —  Tim sapu bersih pungli kepolisian menangkap tangan 2 aparat kantor Desa Sangatta Utara, kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, Jumat (5/5). Uang tunai senilai Rp 26,1 juta disita. Modus pungli dengan menaikkan harga kepengurusan pelayanan publik di kantor desa.

Dua orang yang diamankan adalah Y, sebagai Kasi Kesejahteraan Rakyat dan HB, sebagai staf dari seksi pemerintahan di kantor Desa Sangatta Utara.

“Ya, keduanya, diduga melakukan pungutan liar atas pembuatan surat keterangan penyerahan tanah perbatasan ya. Ada uang senilai Rp 26, juta diamankan tim saber dari kantor desa itu,” kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Ade Yaya Suryana saat dikonfirmasi merdeka.com, Sabtu (6/5).

Total uang tunai yang disita tim saber pungli mencapai Rp 26,1 juta. Rinciannya, dari bendahara desa senilai Rp 21,9 juta, seksi pemerintahan senilai Rp 2,55 juta, dan dari seksi kesejahteraan rakyat Rp 1,4 juta dan juga dari petinggi desa senilai Rp 350.000.

“Selain uang tunai, ada juga kami menyita 2 surat keterangan perbatasan, buku registrasi bersegel, kemudian buku kas desa dan juga ada buku blanko bersegel,” ujar Ade.

“Semua yang kami sita itu kita gunakan sebagai bahan penyelidikan lanjutan ya. Karena keterangannya masih didalami oleh tim saber. Kasus masih dikembangkan,” tambah Ade.

Ade menjelaskan, operasi tangkap tangan (OTT) tim saber di kantor Desa Sangatta Utara itu, merupakan tindaklanjut dari laporan masyarakat desa, yang masuk ke tim saber pungli.

“Tim saber melakukan penyelidikan beberapa hari lamanya, kemudian akhirnya melakukan OTT ya,” ungkap Ade.

Ade terus mengingatkan, bagi warga yang melihat, maupun mengetahui adanya praktik pungli, segera menginformasikan kepada aparat kepolisian maupun tim saber pungli.

“Tujuannya jelas, agar bisa dengan segera dilakukan penindakan,” ucapnya.

 

[As]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: