Dua Unit Helikopter Jenis Bell TNI di Serang KKB Papua

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Proses evakuasi korban prajurit yang gugur di Distrik Mugi mendapat serangan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. Peristiwa ini terjadi dua kali pada hari Kamis, (7/3/2019), pukul 08.00 WIT dan sore hari pukul 15.00 WIT.

Serangan pada pukul 08.00 WIT terjadi ketika pasukan TNI sedang melakukan proses pergeseran untuk melaksanakan pengamanan dan pembangunan infrastruktur Trans Papua Wamena-Mumugu.

Pasukan TNI yang tergabung dalam Satgas Penegakan Hukum (Satgas Gakkum) itu sedang melaksanakan pengamanan, kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Sisriadi.

“Pasukan TNI yang berjumlah 25 orang tiba-tiba mendapatkan serangan mendadak oleh sekitar 50-70 orang KKB bersenjata campuran, baik senjata standar militer maupun senjata tradisional seperti panah dan tombak,” tutur Sisriadi.

Pasukan berhasil memukul mundur kelompok KKB sampai menghilang ke dalam hutan belantara, dan berhasil menguasai keadaan dilokasi penyerangan.

Sedangkan serangan yang terjadi pukul 15.00 WIT, ketika dua helikopter jenis Bell dari Timika melakukan proses evakuasi.

Helikopter tersebut mendapat serangan mendadak dari KKB sebelum mendarat. “Prajurit kembali mendapatkan serangan dari KKB, pasukan TNI membalas tembakan sehingga heli berhasil mendarat dan proses evakuasi korban dapat dilaksanakan dalam keadaan aman,” jelasnya.

Prajurit TNI berhasil merampas lima pucuk senjata milik KKB (jenis masih dalam penyelidikan), ditemukan satu orang mayat (identitas dalam penyelidikan). Akibat dari serangan tersebut tiga anggota TNI gugur, yakni Serda Mirwariyadin, Serda Yusdin, dan Serda Siswanto Bayu Aji. (Gs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: