Ekonomi Syariah IAIN Jember Raih Akreditasi B

DATANGKAN TOKOH: Beberapa kegiatan seminar dan workshop dengan narasumber ternama didatangkan oleh pascasarjana IAIN Jember (Pascasarjana IAIN Jember for Radar Jember)

DATANGKAN TOKOH: Beberapa kegiatan seminar dan workshop dengan narasumber ternama didatangkan oleh pascasarjana IAIN Jember (Pascasarjana IAIN Jember for Radar Jember)

Sketsanews.com, Jember – Masyarakat yang hendak melanjutkan kuliah S2 Program Studi Ekonomi Syariah di Pascasarjana IAIN Jember tak perlu risau lagi dengan status akreditasi. Sebab, kampus tersebut sudah meraih akreditasi B. Padahal, baru pertama mengajukan langsung meraih nilai B.

Sejak dibuka pada tahun 2015 lalu, Prodi Ekonomi Syariah masih belum mendapatkan akreditasi. Hal itu membuat mahasiswa yang hendak kuliah disana berpikir dua kali. Kendati demikian, animo warga tetap tinggi. “Apalagi sekarang sudah akreditasi B, yang daftar pasti meningkat,” kata Prof Dr Miftar Arifin, MAg Direktur Pascasarjana IAIN Jember.

Menurut dia, Pascasarjana terus berbenah meningkatkan kualitas kampus. Tak heran, ketika mengajukan akreditasi, Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi langsung memberikan Peringkat terkareditasi B dengan nilai 316. “Hal ini memicu kami untuk terus meningkatkan kualitas,” ujarnya.

Biasanya, lanjut dia, pertama kali mengajukan akreditasi mendapatkan nilai C. Namun berbeda dengan yang dialami oleh Program Magister IAIN Jember. “Salah satunya karena kami sering mendatangkan tokoh nasional melalui workshop atau seminar,” terang pria berkacamata tersebut.

Kemudian, beberapa dosen juga memiliki kualitas yang memadai untuk menunjang perolehan akrediasi. Sampai sekarang, sudah ada sekitar 50 dosen Pascasarjana IAIN Jember. “Sudah ada 40 dosen Pascasarjana yang mengiktu program post doktoral,” tambahnya.

Bahkan, IAIN Jember memiliki lima guru besar dan sedang proses empat dosen menjadi guru besar pada tahun 2018. Sehingga bisa meningkatkan status akreditasi prodi yang lain. “Status akreditasi B ini berlaku sampai 13 Oktober 2021,” akunya.

Upaya yang dilakukan Pascasarjana IAIN Jember untuk meningkatkan akreditasi dengan meningkatkan publikasi dosen dan mahasiswa di jurnal nasional dan jurnal internasional. Kemudian, menambah literasi kampus dan sarana yang memadai.

Program Magister IAIN Jember sendiri terdapat beberapa program studi. Mulai dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Managemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Hukum Keluarga (HK) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) serta Ekonomi Syariah. Setiap tahun, minat warga untuk melanjutkan kuliah di semua prodi tersebut terus meningkat, seperti dilansir dari Radarjember.
(Ro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: